Mengapa Jepang Membentuk Pemerintahan Militer di Tiga Kawasan

Kedatangan Jepang ke Indonesia disambut baik oleh Indonesia karena Indonesia mengira bahwa Jepang akan turut berkontribusi supaya Indonesia mengalami kemajuan.

Padahal, Jepang datang ke Indonesia sebenarnya ingin menguasai Indonesia karena memiliki kekayaan di bidang sumber daya alam. Salah satu upaya Jepang dalam menguasai Indonesia adalah membentuk pemerintahan kemiliteran pada tiga kawasan.

Mengapa Jepang Membentuk Pemerintahan Militer di Tiga Kawasan

1. Agar kawasan yang diduduki Jepang dapat terlindungi

Pembagian tiga kawasan pemerintahan militer dilakukan karena di markas besar para tentara Jepang timbul pemikiran dimana penduduk sebaiknya dilibatkan dalam segala aktivitas kemiliteran dan pertahanan di pertengahan tahun 1942 dengan tujuan supaya kawasan yang diduduki Jepang dapat terlindungi.

2. Jepang ingin pemerintahan militer merata di seluruh wilayah Indonesia

Latar belakang pembentukan pemerintahan militer pada tiga kawasan di Indonesia adalah Jepang ingin pemerintahan militer seperti pendidikan militer dan lain sebagainya bisa lebih merata di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, Jepang ingin supaya pemerintahan militer yang dibentuknya lebih mudah dipantau.

3. Supaya Jepang mendapatkan bantuan dari Indonesia

Pemerintahan militer yang dibentuk oleh Jepang terbagi dalam beberapa struktur pemerintahan seperti Imamura atau Gunseikan. Istilah Gunseikan terdiri dari kata Syu, Shi, Ken, Gun, So atau camat, Ku atau lurah, Azza atau RW, dan Gumi atau RT. Pemeritahan militer diadakan dengan tujuan supaya Indonesia siap sedia ketika Jepang membutuhkan bala bantuan saat terjadi peperangan antara Bangsa Barat dan Jepang.

4. Sebagai pertahanan untuk Jepang

Tiga kawasan bagian wilayah timur, tengah meliputi Jawa-Madura, dan barat meliputi Sumatera yang dibentuk oleh Jepang bertujuan sebagai pertahanan untuk Jepang. Pada saat itu, Jepang tengah terlibat perang sekutu dengan pasukan sekutu yakni Amerika-Inggris. Tentu saja ancaman dari sekutu bisa saja datang sewaktu-waktu.

5. Sebagai pendukung namun memiliki motif di balik itu

Jepang datang ke Indonesia sebenarnya memiliki motif tertentu yakni memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia. Salah satu sumber daya alam yang dimaksud adalah beras sebagai pendukung kampanye pada perang pasifik. Dengan begitu, maka dukungan perang bisa dilakukan secara efisien dan lebih cepat.

6. Untuk mengontrol beberapa tokoh nasionalis

Jepang membagi Indonesia menjadi tiga kawasan pemerintahan militer dengan tujuan supaya bisa mengontrol beberapa tokoh nasionalis yang tidak bisa bersikap kooperatif dengan Jepang. Tokoh yang dimaksud antara lain Amir Sjarifoeddin, Sjahrir, dan lain sebagainya. Dengan pembagian tersebut, masing-masing wilayah bisa bekerja dengan otonom tersendiri.

7. Agar sistem pemerintahan bisa lebih cepat terbentuk

Tiga kawasan yang dibentuk pemerintahan militer oleh Jepang adalah Jawa-Madura, kawasan Indonesia Timur, dan Sumatra. Setiap wilayah memiliki sistem pemerintahan masing-masing. Jepang membentuk tiga kawasan tersebut agar sistem pemerintahan cepat terbentuk tanpa harus laporan ke pusat daerah.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close