Mengapa Jepang Membentuk BPUPKI 

BPUPKI merupakan singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jepang membentuk BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Chosa-kai berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia.

Pembentukan BPUPKI tepat ketika Kaisar Hirohito ulang tahun yakni pada tanggal 29 April 1945. Jepang melantik anggota BPUPKI di tanggal 28 Mei 1945 yang terdiri dari 62 orang dimana 7 orang di antaranya adalah anggota perwakilan yang berasal dari Jepang. 

Alasan Dasar Pembentukan BPUPKI oleh Jepang

1. Jepang mengalami kekalahan secara terus-menerus

Di akhir tahun 1944 silam, kedudukan Jepang dalam perang Asia Pasifik atau Asia Timur Raya semakin terdesak dan Jepang selalu mengalami kekalahan secara terus-menerus. Serangan sekutu terus memborbardir pasukan Jepang sehingga akibatnya Jepang mulai berada di ambang kekalahan.

2. Memanipulasi rakyat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan

Karena Jepang merasa terdesak, maka Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia. Padahal sebenarnya BPUPKI yang dibentuk oleh Jepang bukan semata-mata karena Jepang memang berbaik hati, namun di balik itu semua sebenarnya Jepang mementingkan dirinya sendiri dengan memanipulasi Indonesia agar mau melaksanakan segala politik kolonialnya.

3. Jepang ingin Indonesia membantunya melawan sekutu

Dengan memanipulasi rakyat Indonesia, Jepang berharap sisa-sisa kekuatannya dapat dipertahankan. Sehingga politik kolonial dilaksanakan oleh rakyat Indonesia dengan janji-janji manis yang dilontarkan oleh Jepang. Melalui cara ini, Jepang berharap sekutu disambut oleh rakyat Indonesia sebagai penyerbu bukan sebagai pembebas.

4. Indonesia dijadikan sebagai negara boneka oleh Jepang

Jepang membentuk BPUPKI dengan menjanjikan kemerdekaan Indonesia supaya mendapatkan simpati dan bantuan dari Indonesia. Padahal sebenarnya Jepang berusaha agar Indonesia bisa menjadi negara bonekanya sehingga Indonesia mau membantu segala kebutuhan perang yang dibutuhkan oleh Jepang.

5. Menyelidiki berbagai usaha untuk persiapan kemerdekaan Indonesia

Dengan dibentuknya BPUPKI, beberapa usaha untuk mempersiapkan kemerdekaan bisa dilakukan. Segala rencana terkait persiapan untuk kemerdekaan Indonesia seperti tata pemerintahan, segi ekonomi, politik, dan lain sebagainya disusun dan diselidiki melalui BPUPKI ini. Beberapa hal tersebut dibutuhkan dalam rangka usaha dalam membentuk kemerdekaan negara Indonesia.

6. Menetapkan dasar-dasar kemerdekaan Indonesia

Jepang memang memanfaatkan BPUPKI sebagai upaya agar mendapatkan bantuan politik dari Indonesia, namun Indonesia sendiri memanfaatkan situasi ini sebagai upaya dalam menetapkan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Sehingga tugas BPUPKI adalah untuk menetapkan UUD. Selain itu, BPUPKI juga bertugas dalam mendalami, mengkaji, serta menyelidiki apa bentuk dasar negara Indonesia yang cocok.

7. Membentuk anggota BPUPKI

Meskipun sebenarnya tujuan Jepang membentuk BPUPKI untuk mendapatkan simpati dari rakyat Indonesia dan membantu mereka melawan sekutu, namun bagi Indonesia, janji Jepang dianggap sebagai hal yang serius sehingga dibentuk anggota BPUPKI untuk membahas kemerdekaan Indonesia.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close