Mengapa Indonesia Termasuk Bangsa yang Kaya Akan Budaya

Sejak ratusan tahun lalu, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengundang decak kagum dari berbagai kalangan di dunia karena budayanya yang sangat melimpah. Bahkan, ada sebuah ahli yang memperkirakan bahwa budaya Indonesia memiliki jumlah yang mencapai ribuan.

Lantas, mengapakah Indonesia, sebuah negara yang terbilang lebih kecil dibandingkan dengan negara lainnya, memiliki budaya yang beragam?

Alasan Indonesia Memiliki Budaya yang Melimpah

1. Pengaruh Kebudayaan Asing

Alasan pertama yang menjadi penyebab mengapa Indonesia bisa memiliki budaya yang beragam adalah karena adanya pengaruh kebudayaan asing. Pada dasarnya, ras yang ada di Indonesia sejak zaman dahulu adalah ras Malayan-Mongoloid yang tersebar di daerah Nusa Tenggara Barat, Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Seiring berjalannya waktu, terdapat proses jual beli yang melibatkan ras asing terlebih dari benua Timur. Ada beberapa pengaruh yang datang dari negara-negara seperti India, Iran, Pakistan, China, dan lain-lain. Masyarakat yang menganggap kebudayaan negara tersebut sebagai hal menarik pun mencoba untuk menciptakan budaya sendiri yang tidak kalah unik.

2. Faktor Geografis yang Mendukung

Sebagai sebuah negara agraris dan kepulauan yang memiliki ribuan pulau dalam jarak tertentu, hal itu membuat keseharian masyarakat pun menjadi berbeda-beda. Karena terpisah dalam jarak yang cukup jauh, hal itu menghambat hubungan antar masyarakat yang berasal dari pulau berbeda-beda.

Meskipun begitu, perbedaan faktor geografis itu membantu masyarakat untuk mengembangkan budaya yang mereka ciptakan agar menjadi lebih sesuai dengan lingkungan dan tingkat kemajuan yang dimiliki pada saat itu. Karena itulah, budaya antar daerah terkadang bisa sangat berbeda karena jarak yang cukup jauh dan faktor geografis yang bervariasi.

3. Perbedaan Kondisi Alam

Selain faktor geografis, perbedaan kondisi alam juga menjadi faktor utama yang mengakibatkan budaya di Indonesia menjadi beragam. Ada sebuah perbedaan yang sangat mencolok dan bisa diamati pada budaya masyarakat yang berada di daerah pantai dan masyarakat yang ada di daerah pedalaman.

Salah satu contoh paling mudah yaitu Suku Sunda, sebuah suku di Jawa Barat yang tinggal diantara kondisi alam yang dipenuhi oleh keragaman budaya agraris. Budaya Suku Sunda tentu saja akan sangat berbeda dengan Suku Bajau yang tinggal di daerah dekat laut.

4. Transportasi yang Mudah

Pada zaman dahulu, proses transportasi hanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan jalur laut. Indonesia atau Nusantara yang menguasai jalur laut tentunya mendapatkan keuntungan lebih dari jalur tersebut, sebab mereka bisa melakukan transportasi dengan lebih mudah menuju pulau yang lainnya.

Transportasi yang cukup mudah menjadi salah satu hal yang membuat interaksi antar masyarakat menjadi lebih terbantu. Apabila masyarakat berinteraksi dengan intens dengan suku yang ada di pulau lain, hal itu akan membantu proses persebaran budaya dan membuat kebudayaan menjadi semakin beragam.

5. Indonesia Negara Majemuk

Seperti yang menjadi rahasia umum, Indonesia adalah negara majemuk yang mengandung berbagai agama, ras, dan suku bangsa. Semua aspek tersebut mempengaruhi keragaman proses pembentukan budaya di Indonesia.

6. Luas Wilayan yang Besar

Luas wilayah Indonesia yang besar turut serta mempengaruhi budaya yang ada di Indonesia. Karena itulah, terkadang suatu daerah yang ada di satu pula akan memiliki budaya yang berbeda dengan daerah lain meskipun keduanya berada pada di pulau yang sama.

7. Masyarakat yang Berpikiran Terbuka

Faktor terakhir dan faktor utama yang membuat budaya sangat melimpah adalah karena masyarakat mampu berpikiran secara terbuka dan menerima budaya asing dengan ramah. Mereka seringkali melakukan asimilasi budaya, sehingga terjadilah budaya baru yang tidak terlalu meninggalkan ciri khas budaya aslinya.

Apabila masyarakat Indonesia berpikiran secara tertutup dan menutup akses budaya baru secara total, kemungkinan besar budaya yang kita miliki tidak akan sebanyak sekarang. Karena itulah, proses asimilasi dan akulturasi budaya menjadi proses paling penting yang menyebabkan budaya Indonesia menjadi sangat melimpah.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar