Mengapa Indonesia Sering Disebut Sebagai Tanah Air

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak nama sebutan yang terbilang unik dan menarik. Nama sebutan yang paling sering disebutkan untuk menggambarkan negara Indonesia yaitu “tanah air.”

Walaupun sering menyebutkan nama tersebut, namun kebanyakan masyarakat ternyata masih belum memahami tentang alasan dari penamaan tersebut. Nah, dibawah ini beberapa alasan yang wajib Anda ketahui dari penyebutan tanah air tersebut.

Alasan Indonesia Kerap Disebut Sebagai Tanah Air

1. Kedua Unsur yang Ada di Indonesia

Istilah tanah air ini mempresentasikan 2 unsur, yaitu tanah dan air. Unsur tanah merujuk di semua hal yang terdapat di atas permukaan bumi nusantara, dan juga di dalam bumi nusantara. Sedangkan, unsur air merujuk kepada luasnya laut serta samudera, melimpahnya sungai, danau, dan berbagai sumber air yang lain.

2. Sumber Daya Alam Indonesia yang Unggul

Adanya kata tanah dan air ini sangat berkaitan erat dengan hal yang berbau alam. Oleh karena itu, ini bisa menjadi bukti bahwa Indonesia merupakan sebuah negara kaya raya yang memiliki sumber daya alam melimpah ruah dan dapat menghidupi semua masyarakat Indonesia.

3. Menunjukkan Kondisi Geografis Indonesia

Istilah tanah air ini merupakan representasi kawasan daratan dan lautan di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi geografis di Indonesia sendiri terbentuk atas beribu-ribu pulau serta gugusan kepulauan. Selain itu, ini juga memperlihatkan apabila Indonesia mempunyai kawasan daratan yang dijadikan untuk kawasan pengembangan.

4. Tempat Berdirinya Sebuah Negara

Penyebutan tanah air ini juga dapat berarti sebagai tempat berdirinya atau berdiamnya sebuah bangsa atau negara. Di tanah air inilah sebuah bangsa bisa mewujudkan semua cita-citanya. Tanah air pun merupakan tempat guna berlindung untuk penduduk yang terdapat di dalamnya. Selain itu, sekaligus sebagai tempat untuk melakukan interaksi satu sama lain, membentuk jaringan masyarakat yang kuat, dan membentuk kesatuan.

5. Salah Satu Bagian Dalam Sumpah Pemuda

Kata tanah air tersebut bahkan juga disebutkan dalam salah satu bagian di Sumpah Pemuda, yaitu tanah air yang satu Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai wilayah yang dulunya sempat terpecah-pecah. Lalu bergabung menjadi satu serta dinamakan dengan Indonesia.

Oleh sebab itu, sekarang ini berbagai wilayah tersebut sudah menjadi satu kesatuan dan masuk di dalam wilayah Indonesia. Selain itu, bisa pula diartikan bahwa semua daratan serta lautan (tanah serta air) yang terpisahkan, telah disatukan menjadi Negara Indonesia.

6. Mengimplementasikan Segala Hal yang Ada di Indonesia

Tanah air memiliki artian yang sama dengan Indonesia, namun tanah air bukan hanya sekadar sebuah sebutan untuk Indonesia. Tanah air tersebut memperlihatkan segala hal yang terdapat di Indonesia, baik kondisi sosial, kondisi fisik, maupun kondisi budayanya. Sekarang ini tanah air betul-betul sebagai representasi dari bangsa yang besar, yaitu Indonesia yang membentang luas dari wilayah Sabang sampai Merauke, dan dari Miangas sampai Pulau Rote.

7. Indonesia Menyimpan Kekayaan

Di dalam bentangan wilayah yang ada di Indonesia, sangat banyak tersimpan kekayaan, baik yang tersembunyi di dalam tanah ataupun yang tersembunyi di dalam air. Nah, seluruh kekayaan tersebut tentu saja adalah milik dari bangsa Indonesia serta akan selalu menjadi milik bangsa Indonesia. Oleh karena itu, merupakan tugas bersama dalam menjaga seluruh elemen yang dikandung oleh tanah air Indonesia.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar