Mengapa Indonesia Sampai Saat Ini Belum Mampu Menjadi Negara Maju

Sampai hari ini, Indonesia masih saja belum dapat menjadi sebuah negara maju. Padahal, Indonesia sendiri memiliki sumber daya alam dengan kandungan yang cukup melimpah, banyak penduduk usia produktif, hasil bumi beragam, serta mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi sekali.

Banyak yang beranggapan bahwa pemerintah masih kurang cerdik dalam memanfaatkan berbagai kelebihan tersebut.

Faktor Utama Mengapa Indonesia Belum Menjadi Negara Maju

1. Sektor Pendidikan yang Masih Tertinggal

Pendidikan penting sekali untuk kemajuan sebuah negara. Jika sebuah negara mempunyai populasi yang besar tetapi penduduknya tidak mempunyai sumber daya manusia optimal, maka negara itu tidak akan dapat maju, inilah yang sampai sekarang terjadi di Indonesia.

Dunia pendidikan di Indonesia ini tertinggal sekali dari negara lainnya. Berdasarkan Indeks Literasi Internasional, Indonesia ada dalam posisi ke 60 dari jumlah 61 negara yang ada di dunia dalam sektor penguasaan ilmu pengetahuan serta minat membaca.

2. Faktor Geografis

Indonesia merupakan negara kepulauan paling besar dengan jumlah pulau lebih dari 17 ribu yang dipisahkan dengan lautan. Hal tersebut menyebabkan distribusi barang dan penyampaian logistik dari satu daerah ke daerah yang lainnya sedikit terhambat.

Sehingga, proses pembangunan di banyak pulau di Indonesia pun cenderung lambat serta berdampak dengan ekonomi daerah. Oleh sebab itu, pemerintah sedang gencar menyiapkan proyek tol laut untuk mendongkrak ekonomi daerah.

3. Sektor Ekonomi Masih Tergantung Pada Sektor Primer

Sektor primer merupakan kegiatan ekonomi yang mengandalkan perkebunan dan pertanian sebagai mata pencaharian. Pada berbagai negara berkembang seperti Indonesia ini, maka sektor primer menjadi kegiatan ekonomi yang paling dominan.

4. Negara Bekas Jajahan

Seperti yang sudah diketahui bahwa kebanyakan negara yang miskin dan berkembang yang ada di dunia ini adalah negara bekas jajahan, termasuk Indonesia. Dikarenakan pernah dijajah ini menjadikan banyak rakyat miskin serta kurangnya pendidikan di warga pada waktu itu. Sehingga, membuat Indonesia memerlukan waktu yang terbilang lama guna memperbaiki kondisi ekonomi setelah kemerdekaan.

5. Indonesia Baru Merdeka Selama 74 Tahun

Untuk mencapai hasil yang maksimal, maka diperlukan kesabaran serta waktu yang tergolong lama. Negara Amerika Serikat saja memerlukan waktu hingga 243 tahun hingga menjadi negara yang super power, sementara Jepang memerlukan waktu hingga 2200 tahun, dan Inggris memerlukan waktu 700 tahun.

Tanah air tercinta yang besar ini memiliki penduduk terbanyak keempat di dunia baru saja merdeka selama 74 tahun. Oleh sebab itu, perlu terus dilakukan pembangunan demi pembangunan, tidak hanya pada infrastruktur saja yang harus dibangun namun sumber daya manusianya pula yang perlu dibangun supaya lebih unggul.

6. Masyarakat Indonesia Masih Kerap Terpecah Belah

Masyarakat Indonesia sendiri berasal dari beragam suku dan etnis bangsa. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak masyarakat tersebut masih kerap intoleran dan rasis terhadap masyarakat yang lainnya, baik dalam segi suku bangsa ataupun agama, khususnya kepada kaum yang minoritas.

7. Tidak Memiliki Mesin dan Alat yang Canggih

Indonesia tidak memiliki mesin dan alat yang canggih guna mengolah sumber daya alam, antara lain emas, minyak tanah, dan lain sebagainya. Akibatnya, sumber daya alam ini akhirnya dijual ke berbagai negara maju dengan harga yang terlalu murah.

Kemudian, diolah oleh negara maju dan dijual kembali ke Indonesia dengan harga yang tinggi sekali. Jadi, walaupun Indonesia mempunyai sumber daya alam yang kaya namun masih dibilang sebagai sebuah negara berkembang.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar