Mengapa Indonesia Perlu Terlibat Dalam Percaturan Internasional

Indonesia merupakan sebuah negara yang berdiri bukan hanya dari kerja rakyat dan para pejabatnya saja, melainkan berkat bantuan dari negara lain juga. Sebut saja seperti impor beberapa jenis produk dan penempatan Kedutaan Besar Indonesia di luar negeri.

Semua hal tersebut bukan tanpa alasan, dan berikut adalah beberapa hal kenapa Indonesia perlu untuk terlibat dalam percaturan internasional.

Alasan Kenapa Indonesia Harus Terlibat Dalam Percaturan Internasional

1. Mengikuti Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Pada pembukaan UUD Tahun 1945 yang menegaskan bahwa kemerdekaan Republik Indonesia bukan milik RI saja, melainkan hak segala bangsa serta para pendiri tanah air tercinta kita ini menuntut untuk menghapuskan segala macam tindakan yang tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan. Dengan berpatokan pada UUD 1945 tersebut membuat Indonesia turut terlibat dalam percaturan internasional.

2. Menjaga Keamanan Negara

Salah satu alasan kenapa negara kita ini harus ikut dalam percaturan internasional dikarenakan Indonesia perlu menjaga keamanan negara dari segala macam penyerangan. Bahkan Indonesia membawa sebuah misi untuk menjaga perdamaian dunia dan turut andil dalam memberantas radikalisme, terorisme dan ekstremisme. Bahkan Indonesia sudah dipilih sebagai salah satu anggota tidak tetap dewan keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa atau yang dikenal dengan singkatan PBB.

3. Mewujudkan Perdamaian Dunia

Salah satu tujuan Indonesia ketika terlibat dalam percaturan internasional adalah untuk mewujudkan perdamaian dunia. Hal ini terlihat dari upaya perdamaian Palestina, mengirim pasukan perdamaian, mengirim berbagai bantuan untuk negara yang sedang terkena musibah, hingga melakukan politik luar negeri yang bebas aktif dan zero enemy.

4. Melindungi Warga Negara Indonesia di Luar Negeri

Selain melindungi negara Indonesia yang berada di dalam negeri, dengan turut terlibat dalam percaturan internasional membuat Indonesia dapat melindungi warga negaranya di luar negeri. Contohnya pemerintahan Indonesia bisa membebaskan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri dari hukuman mati, atau membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh WNI di luar negeri.

5. Memajukan Bangsa

Dengan turut andil dalam percaturan internasional membuat Indonesia bisa mengetahui trend dan mengikuti perkembangan zaman. Dari hal tersebut membuat tanah air tercinta kita ini bisa memilih langkah mana yang paling pas untuk memajukan bangsa baik dalam segi teknologi, kesehatan, pertahanan, keuangan dan berbagai hal lainnya.

6. Membahas Permasalahan Negara

Dengan terlibat dalam percaturan internasional membuat Indonesia dapat membahas masalah yang sedang dihadapinya dengan sebuah kelompok atau negara lain.

Contoh jika terjadi pembajakan pesawat Indonesia di negara lain dan Indonesia ingin mengambil peran untuk menurunkan tentaranya dalam melakukan proses pembebasan sandera kemudian disetujui oleh negara-negara lain, maka negara tempat terjadinya pembajakan pesawat tidak boleh ikut campur masalah tersebut.

7. Melakukan Kerjasama Dengan Negara Lainnya

Alasan yang terakhir adalah untuk melakukan kerjasama dengan negara-negara lain. Dengan adanya kerjasama dengan beberapa negara di dunia membuat Indonesia bisa memperoleh keuntungan dan menutup masalah yang ada di tanah air tercinta kita ini.

Kerjasama yang dimaksud seperti melakukan impor dan ekspor hingga menerima investor asing untuk masuk ke Indonesia.

Salah satu contoh yang bisa kita bahas adalah ketika Indonesia menerima investor asing untuk membuka perusahaan atau sebuah badan usaha di negara kita dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh investor asing tersebut adalah membayar pajak, dari hasil pembayaran pajak tersebut pemerintah bisa melakukan pembangunan atau memberikan bantuan kepada rakyat yang membutuhkan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar