Mengapa Indonesia Perlu Melakukan Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah hubungan perdagangan yang dilakukan oleh 2 negara untuk mencukupi kebutuhan produksinya. Antar negara tersebut tentu memiliki kesepakatan terlebih dahulu sebelum melakukan perdagangan.

Ada banyak hal yang menjadi faktor pendukung perdagangan internasional salah satunya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta kerja sama yang baik.

Tujuan Mengapa Indonesia Perlu Melakukan Perdagangan Internasional

1. Membentuk sumber daya manusia yang terampil

Negara yang menjalin hubungan perdagangan internasional secara tidak langsung akan membentuk keahlian sumber daya manusia. Jika sumber daya manusia sudah unggul maka bisa menciptakan suatu produk yang berkualitas untuk di ekspor ke negara tetangga. Selain itu sumber daya manusia yang terampil juga akan lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk baru.

2. Memperluas pasar perdagangan

Adanya kerja sama perdagangan internasional mampu membuat suatu perusahaan untuk menjalankan mesin produksinya secara maksimal. Hal tersebut dapat dilakukan tanpa merasa khawatir kelebihan jasa maupun produk yang dijual. Sehingga harga produksi di suatu perusahaan tidak turun. Pebisnis juga bisa memasarkan produknya ke luar negeri untuk menambah pendapatan.

3. Meningkatkan perekonomian

Negara yang melakukan perdagangan internasional dengan negara lain tentu akan meningkatkan perekonomian. Hal ini dikarenakan jumlah produksi yang dihasilkan mampu mencukupi kebutuhan penduduknya. Tak hanya itu, adanya ekspor atau pengiriman barang ke luar negeri juga mampu meningkatkan keuntungan perusahaan. Kondisi ini diharapkan bisa membuat ekonomi tetap stabil.

4. Melakukan transfer teknologi modern

Transfer teknologi modern menjadi tujuan yang dapat diraih jika melakukan perdagangan internasional. Negara yang masih belum atau tidak mampu memproduksi suatu barang dapat memperolehnya dari negara lain. Selain barang, teknologi mesin yang canggih juga bisa diperoleh dari ga ini. Sehingga suatu negara dapat lebih maju dan efektif untuk menciptakan produk.

5. Meningkatkan devisa negara

Seperti yang diketahui bahwa devisa negara adalah kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara berupa mata uang asing. Tentu dengan adanya ekspor impor yang dilakukan oleh 2 negara atau lebih dapat meningkatkan devisa negara. Tujuan peningkatan ini supaya perekonomian di negara tetap stabil dan mengalami kemajuan. Jadi negara harus cermat dalam mengelola devisa yang masuk.

6. Menjalin hubungan baik dengan negara lain

Hubungan baik antar negara tentu sangat bermanfaat untuk menjalankan suatu kerja sama. Melalui kegiatan perdagangan internasional akan mampu menciptakan kesepakatan dalam jangka panjang. Selain itu tidak hanya dalam bidang ekonomi saja, tetapi antar negara bisa pula menjalin kerja sama dalam bidang lain.

7. Meningkatkan produktivitas

Kegiatan mengirim dan menerima barang dari luar negara diketahui dapat meningkatkan produktivitas. Melalui perdagangan internasional juga mampu membuat jumlah produksi terus bertambah sehingga perusahaan harus bisa mencukupinya. Sumber daya manusia yang ada pun dituntut untuk selalu meningkatkan kinerjanya agar dapat memaksimalkan proses perdagangan.

8. Memperluas lapangan kerja

Proses perdagangan khususnya ekspor atau pengiriman barang ke negara lain akan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak. Serapan tenaga kerja ini diharapkan bisa mengatasi produksi suatu perusahaan menjadi cepat terselesaikan. Maka dari itu perdagangan tersebut bisa memperluas lapangan kerja, karena semakin banyak tenaga maka waktu yang diperlukan menjadi efektif dan efisien.

9. Meningkatkan kemakmuran negara

Adanya perdagangan internasional akan membuat pendapatan suatu negara menjadi naik. Tak hanya itu saja, kebutuhan produksi pun mampu tercukupi. Sehingga masyarakat lebih sejahtera dan diharapkan negara dapat mengelola sumber dayanya dengan baik supaya bisa menghasilkan lebih banyak produk.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar