Mengapa Indonesia Memiliki Iklim Tropis

Iklim di Indonesia ada dua, yakni musim hujan dan musim kemarau. Karena sebab inilah Indonesia disebut sebagai negara tropis. Namun, tahukah Anda apa yang membuat Indonesia disebut sebagai negara tropis selain hanya memiliki dua musim?

Berikut adalah penjelasan lengkap terkait dengan alasan Indonesia disebut sebagai negara tropis.

Alasan Indonesia Disebut Negara Tropis

1. Posisi Astronomis

Alasan pertama adalah posisi Indonesia secara astronomis, Indonesia berada di 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan. Posisinya juga berada di 9 derajat Bujur Timur hingga 141 derajat Bujur Timur. Dengan lokasi astronimis tersebut, Indonesia berada di wilayah dimana garis khatulistiwa membentang.

2. Terletak di 2 Benua

Posisi Indonesia yang terletak diantara dua benua juga membuat Indonesia memiliki iklim tropis. Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Australia, inilah yang membuat Indonesia mendapatkan hembusan angin yang cukup kuat dari dua wilayah tersebut. Angin ini bisa mempengaruhi cuaca yang ada di wilayah Indonesia ketika melintas.

3. Terletak di 2 Samudera

Selain diapit oleh dua benua, Indonesia juga diapit oleh dua Samudera yang besar, yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Dengan besarnya wilayah laut, maka Indonesia hanya memiliki dua musim saja, yakni musim hujan dan musim kemarau. Angin yang berasal dari laut dan benua juga menjadi salah satu alasan Indonesia beriklim tropis.

4. Berada di Garis Khatulistiwa

Hampir semua negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa merupakan negara yang memiliki iklim tropis atau dua musim saja. Garis ini melewati wilayah Indonesia di Pulau Sumatera, Kalimantan, beberapa wilayah di Indonesia Timur dan Sulawesi. Tidak heran Indonesia mendapatkan sinar matahari dalam jumlah besar sepanjang tahun.

5. Kelembapan Udara yang Tinggi

Indonesia memiliki kelembapan udara yang tinggi, ini bisa terjadi karena Indonesia mendapatkan sinar matahari yang tinggi tiap tahunnya, sekaligus mendapatkan angin dari arah laut. Ini tentunya akan membuat kelembapan udara di beberapa wilayah cukup tinggi, sehingga membuat curah hujan juga ikut tinggi.

6. Curah Hujan yang Tinggi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kelembapan udara yang tinggi juga membuat Indonesia mendapatkan curah hujan yang tinggi. Salah satu ciri wilayah tropis adalah curah hujannya lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah yang lain. Curah hujan ini juga berperan membuat Indonesia memiliki keragaman hayati yang tinggi.

7. Suhu yang Stabil

Di Indonesia, suhu tahunan berada di angka 18 derajat celcius hingga 38 derajat celcius, ini merupakan suhu yang stabil untuk wilayah dengan iklim tropis. Suhu yang ada tetap menjaga wilayah tetap hangat dan akan bertambah kering selama musim kemarau. Di musim hujan, suhu akan turun dan kelembapan udara naik.

8. Mendapatkan Cahaya Matahari Sepanjang Tahun

Karena dilewati oleh garis khatulistiwa, Indonesia mendapatkan curah hujan dan intensitas cahaya matahari yang tinggi setiap tahunnya. Dengan makin banyaknya intensitas cahaya matahari, penguapan dari wilayah laut semakin tinggi dan membuat iklimnya menjadi lebih basah, yang bisa memunculkan dua musim.

9. Lautan yang Luas

Lautan yang luas juga berperan membuat Indonesia memiliki iklim basah atau tropis. Ini terjadi karena intensitas penguapan air di laut bisa sangat tinggi, ditambah dengan angin yang berasal dari daratan, uap air bergeser menuju pulau pulau dengan suhu yang lebih hangat dan menimbulkan curah hujan tinggi.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar