Mengapa Indonesia Memiliki Curah Hujan yang Tinggi

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki curah hujan tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal itu tentu disebabkan oleh banyak sekali faktor.

Salah satunya yaitu posisi Indonesia yang memang sangatlah strategis, sehingga menjadikan negara ini memiliki iklim tropis serta curah hujan yang cukup tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah faktor mengapa curah hujan Indonesia tinggi.

Mengapa Indonesia Memiliki Curah Hujan yang Tinggi?

1. Berada di Area Khatulistiwa

Indonesia merupakan negara khatulistiwa oleh karena terletak di khatulistiwa. Indonesia sendiri secara astronomis berada antara 0⁰ hingga 23,5⁰ LU dan 0⁰ hingga 23,5⁰ LS. Oleh karena terletak pada wilayah khatulistiwa tersebut yang menyebabkan Indonesia mempunyai suhu yang begitu hangat sepanjang tahun.

Hal itulah yang mengakibatkan banyak terjadi penguapan. Dengan banyaknya proses penguapan pada akhirnya juga membuat Indonesia berpotensi memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

2. Terletak di Zona Konvergensi Antartropik

Zona konvergensi merupakan sebuah zona yang ada di garis ekuator. Zona tersebut umumnya memiliki angin pasang dan angin timur laut secara bersamaan. Di negara Indonesia sendiri zona yang satu ini memang kerap menyatu dengan muson.

Umumnya wilayah yang telah dilalui oleh zona memang akan mempunyai curah hujan yang cukup tinggi oleh karena massa uap air yang cukup banyak, serta awan yang terbentuk juga tidak sedikit. Zona ini melewati Negara Indonesia di bulan Januari, serta merupakan bulan di mana hujan saat itu seringkali terjadi.

3. Penguapan Cukup Tinggi

Indonesia diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan juga Samudra Pasifik. Kedua samudra tersebutlah yang akhirnya menjadi sumber kelembapan bagi udara. Hal itu terjadi oleh karena tingginya penguapan di Samudra Hindia dan juga di Samudera Pasifik. Makin lembab udara, maka hal tersebut juga akan membuat makin banyak curah hujan yang terjadi di negara Indonesia.

4. Ketinggian Area

Faktor yang menjadikan wilayah Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi yaitu karena faktor ketinggian. Perlu diketahui, makin tinggi suatu area maka tempat tersebut nantinya akan mempunyai curah hujan yang makin rendah. Namun sebaliknya, jika tempat tersebut makin rendah, otomatis curah hujan akan semakin tinggi. Ketinggian dari suatu area berpengaruh pada suhu udara.

5. Arah Angin Bertiup

Dua samudra seperti yang telah disebut di atas memiliki pengaruh pada kelembaban. Namun berbeda lagi dengan dua benua yang mengapit Negara Indonesia. Benua tersebut yaitu Benua Australia dan Benua Asia yang akan mempengaruhi pola arah angin.

Angin yang bertiup di Samudera Hindia dari arah Samudra Pasifik mampu membuat curah hujan yang cukup tinggi di Indonesia oleh karena udaranya yang lembab.

6. Perbedaan Suhu Perairan dan Tanah

Perbedaan antara suhu di perairan dan suhu daratan pun juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan curah hujan jadi cukup tinggi di Indonesia. Jika disini suhu tanah atau pendaratan jauh lebih tinggi dibanding perairan, maka hujan pun juga akan seringkali terjadi di perairan tersebut. Namun sebaliknya, jika suhu lebih tinggi di daerah perairan, maka daratan akan sering mengalami hujan.

7. Terdapat Banyak Pegunungan

Alasan lain mengapa negara Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi yaitu disebabkan karena adanya arah gerak angin yang berhembus akan terhalang oleh adanya pegunungan tersebut, maka secara otomatis curah hujan pun ikut terpengaruh. Hal itu disebabkan angin bisa mengakibatkan udara lembab yang naik. Sehingga membuat hujan turun di area arah angin datang.

8. Luas Daratan

Faktor yang terakhir adalah luas daratan. Seperti yang diketahui Indonesia memiliki area yang cukup luas. Hal itulah yang mengakibatkan curah hujan di negara ini begitu tinggi.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar