Mengapa Indonesia Memilih Pancasila Sebagai Dasar Negara

Setiap negara di dunia pasti membutuhkan yang namanya dasar negara, dimana dasar negara tersebut bisa digunakan sebagai pondasi sebuah negara dan menjadi alur atau pedoman mau dijadikan negara yang seperti apa kelak berdasarkan dasar negara tersebut.

Di Indonesia sendiri memiliki sebuah dasar negara yang kita kenal dengan sebutan Pancasila, kali ini mari kita bahas beberapa alasan kenapa Indonesia memilih Pancasila sebagai dasar negaranya.

Alasan Kenapa Indonesia Memilih Pancasila Sebagai Dasar Negara

1. Mengatur Tatanan Kehidupan Bangsa Indonesia

Alasan yang pertama kenapa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar negara karena Pancasila bisa digunakan sebagai tatanan kehidupan bangsa. Hal tersebut dikarenakan kelima sila yang tertera didalam Pancasila membuat Indonesia tetap melakukan segala hal demi untuk menjaga masyarakatnya tetap dijalan yang benar.

2. Memperkuat Iman Masyarakat Kepada Tuhan

Pada sila pertama yang menegaskan bahwa semua urusan di dunia ini harus dinomorduakan, dan kepada tuhan harus menjadi nomor satu. Hal tersebut secara tidak langsung membuat semua semua masyarakat lebih patuh kepada jalan Tuhan yang pastinya akan membuat sebuah negara bisa berjalan dengan lebih baik.

3. Mengatur Penyelenggaraan Negara

Alasan yang ketiga kenapa Pancasila dipilih menjadi dasar negara karena dengan adanya Pancasila membuat negara tercinta kita ini bisa dengan mudah mengatur segala macam penyelenggaraan atau tindakan. Dimana semua tindakan tersebut tetap berpegang teguh kepada Pancasila yang menjadi dasar negara dan hal tersebut membuat semua hal atau tindakan yang diambil oleh negara tetap dijalan yang benar.

4. Menjadi Tumpuan Negara Dalam Mengambil Keputusan

Sebuah dasar negara jelas dibuat untuk menjadi sebuah dasar dari segala keputusan. Dengan lima sila yang terkandung didalam Pancasila membuat Indonesia dapat mengambil keputusan dalam segala kondisi dengan baik dan benar. Kelima sila tersebut memiliki perannya masing-masing yang tentunya akan menjadi sumber atau dasar dari segala macam pengambilan keputusan.

5. Merupakan Ide Dari Kebudayaan Sebelum Terbentuknya Agama

Agama memang suatu ajaran yang harus ditaati oleh semua umat manusia, namun sebelum agama mulai besar Indonesia dahulu masyarakat lebih memilih hidup dengan kebudayaan. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu ide atau gagasan untuk membentuk dasar negara yang disebut Pancasila.

Walaupun agama tidak terlalu besar namun para petinggi Indonesia tidak melupakan tuhan sama sekali. Hal ini dibuktikan dengan sila Pancasila sudah menegaskan bahwa setiap manusia yang ada diatas bumi harus menomorsatukan tuhan diatas segala hal.

6. Tetap Menjalankan Amanah Dari Para Pahlawan yang Gugur Demi Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan Indonesia jelas merupakan hasil perjuangan para pahlawan kita dari segala macam suku, ras, agama, dan segala macam perbedaan pada masa penjajahan dahulu. Oleh sebab itu kita sebagai penerus bangsa harus tetap menjaga amanah yang sudah diperjuangkan sampai titik darah terakhir tersebut. Salah satu amanah yang harus kita jaga adalah Pancasila yang saat itu benar-benar dipikirkan baik-baik agar tanah air tercinta kita ini tidak menjadi sebuah bangsa yang buruk di mata dunia.

7. Sebagai Pembeda Antara Indonesia Dengan Negara Lainnya di Seluruh Dunia

Pada beberapa poin sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu dasar negara dan jelas semua negara pasti memiliki dasar negara mereka sendiri. Indonesia dikenal dengan Pancasilanya yang membuat dasar negara kita berbeda dengan negara-negara lain di luar sana. Perbedaan inilah yang menjadikan kita tetap dikenal sebagai Indonesia bukan sebagai negara lainnya.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar