Mengapa Indonesia Melakukan Kerjasama Ekonomi dengan Negara Lain

Indonesia selalu berusaha untuk menjaga hubungan antarnegara sejak dahulu, sehingga pemerintah pun berusaha untuk melakukan kerjasama ekonomi dengan negara lain.

Ada begitu banyak aspek menguntungkan yang bisa diraih ketika melakukan hal tersebut, karena itu tidak mengherankan jika setiap tahun Indonesia selalu melakukan kerjasama dengan negara lain.

Namun, apa sajakah yang menjadi alasan mengapa Indonesia melakukan hal tersebut?

Alasan Indonesia Melakukan Hubungan Kerjasama Ekonomi dengan Negara Lain

1. Meningkatkan Produksi Dalam Negeri

Alasan pertama mengapa Indonesia melakukan kerjasama dalam bidang ekonomi dengan negara lain adalah untuk meningkatkan produksi dalam negeri. Hal ini terjadi karena untuk mendorong produsen dalam negeri meningkatkan jumlah produksi, maka mereka membutuhkan keuntungan yang didapat dari proses ekspor dan impor.

Kegiatan ekonomi lintas negara akan membantu seluruh produsen untuk mengerahkan segala kreativitas yang dimiliki agar produksi semakin naik dan teknologi juga semakin berkembang. Apabila terjadi hal seperti itu maka kemungkinan besar kegiatan perekonomian pun menjadi jauh lebih produktif daripada hanya mengandalkan pasar dalam negeri.

2. Membuat Pertumbuhan Ekonomi Menjadi Tinggi

Alasan selanjutnya yaitu untuk membuat pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia menjadi jauh lebih tinggi. Apabila produksi dalam negeri sudah naik, maka secara langsung pertumbuhan ekonomi pun turut serta merasakan keuntungan dari hal tersebut. Sebab, kerjasama dengan negara lain akan membantu investor untuk melakukan investasi kepada negara.

3. Mengurangi Ketimpangan Ekonomi Dalam Negeri

Negara yang ada di dunia tentunya akan memiliki kondisi ekonomi yang berbeda-beda, terlebih bagi negara berkembang seperti Indonesia. Apabila Indonesia melakukan hubungan kerjasama dengan negara lainnya, maka hal itu akan membuka kesempatan agar ketimpangan atau keterbelakangan ekonomi yang ada di dalam negeri menjadi terhapus sehingga bisa setara dengan negara lainnya.

4. Menjaga Ketertiban Dunia

Setelah Perang Dunia II, Indonesia melakukan sumpah untuk turut serta menjaga dunia agar selalu damai dan makmur. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan selalu membuka diri dan senantiasa melakukan kerjasama ekonomi antarnegara lain sehingga hubungan kedua negara menjadi lebih harmonis dan rukun.

5. Meningkatkan Devisa

Ketika Indonesia melakukan kegiatan ekspor dan impor hal itu akan membantu proses peningkatan devisa yang mana juga menjadi salah satu hal yang membantu Indonesia mendapatkan banyak keuntungan. Karena itulah, Indonesia senantiasa melakukan kegiatan kerjasama ekonomi demi membuat devisa negara menjadi naik secara drastis setiap tahunnya.

6. Memperluas Produk Lokal

Produk lokal yang dijual di dalam negeri memang menguntungkan, namun apabila produk tersebut tersebar hingga ke luar negeri tentunya akan menambah rasa tertarik yang dimiliki oleh investor asing. Produk lokal yang disebarkan hingga ke luar negeri akan membantu usaha kecil menengah yang dilakukan oleh warga Indonesia sehingga mereka mampu menjadi kaya dengan cepat.

7. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Alasan terakhir yaitu kegiatan kerjasama ekonomi antarnegara itu bisa membantu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pemerintah akan senantiasa membuka lapangan pekerjaan yang baru sehingga masyarakat tidak terjerat dalam masalah pengangguran dan mereka pun bisa memperoleh penghasilan untuk kehidupan sehari-hari.

Apabila masyarakat bisa bekerja, maka permasalahan yang selalu menghantui Indonesia itu bisa teratasi dengan mudah. Meskipun tujuan melakukan kerjasama ekonomi berbeda-beda, namun satu hal yang pasti adalah mereka melakukan hal tersebut untuk meraih keuntungan dan menyejahterakan masyarakat.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar