Mengapa Indonesia Disebut Zamrud Khatulistiwa dan Paru Paru Dunia

Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki hutan yang sangat lebat dan indah di berbagai pulaunya. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa Indonesia menjadi terkenal dengan sebutan Paru Paru Dunia.

Selain hal tersebut ada juga beberapa alasan kenapa Tanah Air tercinta kita ini bisa menyandang status sebagai Zamrud Khatulistiwa dan juga Paru Paru Dunia.

Alasan Kenapa Indonesia Disebut Sebagai Zamrud Khatulistiwa dan Paru Paru Dunia

1. Memiliki Hutan yang Lebat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Indonesia memiliki hutan rimbung yang sangat lebat. Mulai dari hutan di Pulau Papua, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan beberapa hutan lainnya yang ada di seluruh pelosok Indonesia. Semua hutan tersebut jika ditotalkan maka bisa menghasilkan oksigen yang luar biasa banyak.

2. Memiliki Berbagai Macam Jenis Hutan

Selain memiliki hutan yang lebat dan luas Indonesia juga terkenal memiliki beberapa jenis hutan. Mulai dari hutan tropis yang ada di Pulau Kalimantan, hutan rimba yang ada di Pulau Papua, hingga hutan yang dilindungi yang ada di Pulau Sumatera.

3. Negara Dengan Penghasil Oksigen Terbesar

Alasan selanjutnya masih berhubungan dengan poin pertama dan kedua. Dimana dengan hutan yang begitu luas dan banyak membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memasok oksigen terbesar di dunia. Oksigen sendiri berfungsi untuk pernapasan manusia, hal inilah yang membuat Indonesia dikenal sebagai paru paru bumi.

4. Berada di Garis Khatulistiwa

Alasan kenapa Indonesia disebut sebagai Negara Zamrud Khatulistiwa dikarenakan Indonesia berada tepat di garis Khatulistiwa. Garis Khatulistiwa sendiri adalah sebuah garis imajinasi yang digambarkan menjadi pusat bumi yang memisahkan bagian utara bumi dan bagian selatan bumi.

Selain sebagai pemisah garis Khatulistiwa juga berfungsi sebagai penanda iklim. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki 2 iklim utama yaitu panas dan hujan. Hal ini menandakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan cuaca yang cocok dimana tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

5. Memiliki Kota yang Dilalui Oleh Garis Khatulistiwa

Garis Khatulistiwa yang dikenal dengan menjadi garis yang memisahkan dunia dari sisi utara dan selatan ini tergambar melewati Indonesia dan mengenai beberapa pulau salah satunya adalah Pulau Kalimantan. Di Pulau Kalimantan tersebut garis yang juga dikenal dengan nama garis Ekuador ini melewati sebuah kota yang bernama Kota Pontianak yang berada di Provinsi Kalimantan Barat.

Hal tersebut membuat pemerintah setempat membangun sebuah tugu yang dikenal dengan nama Khatulistiwa Park. Hal ini juga yang menjadikan Indonesia dikenal sebagai Negara Zamrud Khatulistiwa.

6. Memiliki Tempat Wisata Alam yang Sangat Eksotis

Alasan selanjutnya kenapa Indonesia disebut sebagai Negara Zamrud Khatulistiwa dikarenakan Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indah. Keindahan alam Indonesia ini bahkan berhasil menjadi daya tarik bagi para wisatawan asing untuk datang berlibur ke negara tercinta kita ini.

7. Indonesia Selalu Menjaga Kelestarian Hutannya

Alasan yang terakhir kenapa Indonesia dikenal dengan sebutan Zamrud Khatulistiwa dan Paru Paru Dunia karena dengan hutan yang begitu luas Indonesia langsung melakukan perlindungan agar tidak terjadi penebangan liar. Hasilnya negeri kita ini kemudian menjadi kaya akan alam yang hijau, dimana hal itu terlihat sangat cantik di mata dunia bagaikan Zamrud.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar