Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia

Indonesia terkenal karena memiliki laut yang luas, inilah mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim. Terlepas dari sebutan tersebut, Indonesia ternyata juga disebut sebagai negara poros maritim terbesar di dunia.

Berikut adalah alasan mengapa Indonesia mendapat julukan tersebut.

Alasan Indonesia Disebut Negara Poros Maritim Dunia

1. Letak Geografis

Posisi Indonesia termasuk yang strategis dibandingkan dengan negara lain. Sebagai negara poros maritim, Indonesia digambarkan strategis karena diapit oleh dua samudera, yakni Samudera Hindia dan Pasifik. Posisi ini menguntungkan karena wilayah lautan yang dimiliki Indonesia menjadi sangat luas.

2. Jalur Perdagangan Dunia

Sebelum ditemukan pesawat terbang, Indonesia sudah menjadi negara transit untuk melakukan perdagangan internasional. Titik perdagangan internasional Indonesia ada di Selat Sunda, Selat Lombok, Selat Makassar dan terakhir adalah Selat Malaka. Sampai sekarang selat selat tersebut masih menjadi jalur dagang laut yang ramai.

3. Memiliki Banyak Pulau

Sebutan maritim biasanya diberikan kepada negara yang memiliki wilayah laut yang luas dan banyak pulau yang tersebar. Indonesia memiliki syarat tersebut dan menjadi negara maritim yang besar dan disegani. Tidak hanya jalur perdagangan, industri perikanan dan sektor maritimnya cukup bagus.

4. Laut yang Sangat Luas

Luas wilayah laut juga menjadi syarat sebuah negara disebut sebagai negara maritim. Indonesia memiliki garis pantai yang panjang, mencapai 81 ribu kilometer. Pantai sepanjang ini tidak dimiliki oleh semua negara di dunia. Merupakan kebanggaan tersendiri memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.

5. Merupakan Wilayah Mega Biodiversity

Indonesia menjadi negara dengan sebutan marine mega biodiversity, tidak semua negara mendapat julukan tersebut. Wilayah yang memiliki marine mega biodiversity ini memiliki biota laut yang besar. Indonesia ternyata menyimpan 8 ribu lebih spesies ikan, 555 spesies rumput laut dan 950 terumbu karang.

6. Perdagangan Laut yang Besar

Lalu lintas dan transportasi air di Indonesia memiliki peran yang besar untuk melakukan distribusi pangan. Kurang lebih ada 40 persen lalu lintas di Indonesia dilakukan menggunakan jalur air. Ini tentu menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia sering disebut sebagai negara maritim terbesar di dunia.

7. Memiliki Sejarah yang Besar

Sebelum Indonesia berdiri, banyak kerajaan yang pernah berkuasa di beberapa wilayah Indonesia. Sejak dulu kerajaan ini sudah menarik minat banyak negara asing untuk datang dan melakukan transaksi dengan kerajaan lokal. Sejak dulu Indonesia sudah terkenal karena memiliki wilayah laut yang luas dan jalur perdagangan yang digunakan juga menggunakan aspek tersebut.

8. Banyaknya Kapal yang Melintasi Indonesia

Kapal kapal dari berbagai dunia sering melakukan transit dan lewat di Indonesia, baik untuk melakukan transaksi, mengisi bahan bakar ataupun alasan lainnya. Jalur laut Indonesia menjadi media keluar masuk berbagai kapal dari Australia, Eropa, Amerika bahkan benua Asia.

9. Banyaknya Profesi Nelayan

Berikutnya adalah banyaknya masyarakat yang memiliki profesi sebagai nelayan. Luas laut yang besar membuat sebagian besar masyarakat pesisir memilih untuk menjadi nelayan guna menyambung hidup. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa negara maritim memiliki banyak masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

10. Hasil Laut yang Melimpah

Hasil laut yang dimiliki oleh negara Indonesia jauh lebih besar dibandingkan dengan negara yang memiliki wilayah laut lainnya. Hasil laut yang besar ini juga diimbangi dengan aktivitas impor dan ekspor yang baik, sehingga meningkatkan perekonomian bangsa.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar