10 Alasan Mengapa Indonesia Disebut sebagai Negara Kepulauan Sekaligus Negara Maritim

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan dan negara maritim, namun tahukah Anda alasan Indonesia mendapatkan julukan tersebut?

Mungkin Anda hanya tahu bahwa Indonesia memiliki laut yang luas dibandingkan negara lain. Tapi tidak hanya itu alasannya, berikut adalah alasan Indonesia disebut negara maritim dan kepulauan.

Indonesia sebagai Negara Maritim dan Kepulauan

1. Pengakuan Dunia

Sudah diakui oleh dunia bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan paling besar di dunia. Jumlah pulau yang ada di regional wilayah Indonesia mencapai ribuan, dengan lima pulau besar utama, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua dan Sulawesi. Sedangkan pulau pulau berukuran kecil tersebar diantara pulau pulau tersebut.

2. Kondisi Geografis

Karena memiliki banyak pulau, tentunya kontur wilayah Indonesia jauh lebih beragam dibandingkan dengan yang lain. Apalagi Indonesia berada di garis khatulistiwa, sehingga mendapatkan musim tropis, tidak heran banyak ditemukan hutan hujan, kawasan perairan, hingga berbagai macam hewan dan tumbuhan.

3. Laut yang Luas

Alasan lain Indonesia disebut sebagai negara maritim adalah wilayah lautnya yang luas, bahkan lebih luas dibandingkan dengan negara lain di dunia. Luas daratan dan perairan yang ada di Indonesia memiliki jumlah luas yang hampir sama.

4. Merupakan Wilayah Marine Mega Biodiversity

Bagi Anda yang masih asing, marine mega biodiversity merupakan sebutan untuk wilayah lautan dengan biota laut terbesar. Di Indonesia, ada banyak jenis spesies ikan, rumput laut, bahkan terumbu karang. Jumlahnya yang besar dan tersebar di berbagai wilayah membuatnya menjadi salah satu negara mega biodiversity terbesar di dunia.

5. Posisinya Geo Strategis

Tidak semua negara di dunia merupakan negara yang memiliki posisi geo – strategis. Geo strategis merupakan istilah bahwa laut menjadi salah satu penghasil sumber daya yang besar. Berdasarkan fakta tersebut, Indonesia menghasilkan sekitar 70 persen produksi minyak dan gas yang berasal dari lautan alih alih dari daratan.

6. Negara Seribu Pulau

Istilah negara kepulauan memang tidak main main, Indonesia dikenal sebagai negara Asia Tenggara yang paling luas. Indonesia juga menempati posisi 15 untuk pulau dengan posisi negara di dunia yang wilayahnya besar. Tidak heran banyak akademisi yang menyebut Indonesia sebagai negara Seribu Pulau.

7. Penduduk Bekerja sebagai Nelayan

Meski kebanyakan penduduk Indonesia merupakan petani, namun jumlah nelayan di Indonesia juga cukup besar. Kebanyakan nelayan tinggal di daerah pesisir untuk menangkap ikan ataupun mengolah ikan dan mendistribusikannya ke pengepul atau industri yang lain. Dengan profesi nelayan yang besar, maka Indonesia disebut sebagai negara maritim.

8. Potensi Wisata Maritim

Berkat tersebarnya pulau kecil yang ada di lautan dan besarnya luas lautan, potensi wisata maritim yang ada di Indonesia cukup besar, Ini tentu menarik minat wisatawan dan menaikkan pamor Indonesia di mata dunia. Tidak hanya memberikan manfaat untuk negara, ini juga memberikan manfaat untuk ekonomi penduduk.

9. Jalur Transportasi Dunia

Indonesia ternyata menjadi salah satu negara yang digunakan sebagai jalur transportasi internasional. Karena terletak di ujung benua Asia, Indonesia digunakan untuk menghubungkan kapal dengan benua Asia yang lain, benua Eropa dan benua Amerika.

10. Terletak di Garis Khatulistiwa

Negara yang terletak di khatulistiwa memiliki suhu yang lebih hangat dibandingkan dengan negara lain. ini juga mengakibatkan volume air lebih tinggi dibandingkan dengan negara sub tropis. Apalagi dengan jumlah luas laut Indonesia yang besar, tidak heran banyak hewan dan tumbuhan yang melimpah.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar