Mengapa Ilmu Ekonomi Sangat Erat Hubungannya dengan Perilaku Manusia

Ilmu ekonomi merupakan bidang keilmuan yang mempelajari sumber daya alam yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak pernah ada batasnya.

Ilmu ekonomi sangat erat hubungannya dengan perilaku manusia, sehingga bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari berbagai usaha manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Selain dari pengertian ilmu ekonomi tersebut, mengapa ilmu ekonomi sangat erat hubungannya dengan perilaku manusia?

Alasan Mengapa Ilmu Ekonomi Sangat Erat Hubungannya dengan Perilaku Manusia

1. Kegiatan ekonomi produksi

Pengertian ilmu ekonomi meliputi kegiatan atau usaha manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan. Kegiatan-kegiatan ekonomi itu meliputi produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan produksi dilakukan dengan prinsip memenuhi kebutuhan, diperlukan pengamatan atau riset perilaku masyarakat supaya bisa menjawab permasalahan yang ada dan menghasilkan produk yang berguna.

2. Jaringan distribusi perlu adanya komunikasi

Kegiatan distributor adalah produk yang secara langsung dari produsen untuk diedarkan ke retailer atau langsung ke pembeli/konsumen asli. Tidak hanya transaksi jual beli atau kegiatan ekonomi yang berlangsung tetapi juga erat hubungannya dengan perilaku manusia. Distributor perlu menawarkan atau memasarkan produk sesuai dengan segmentasi konsumen di masing-masing retail.

3. Perilaku Konsumen

Konsumen adalah pengguna langsung produk yang dihasilkan produsen. Sebagai target dalam penciptaan produk, perilaku konsumen ini umumnya beragam sehingga produk yang bisa dihasilkan pun juga beragam. Misalnya, untuk produk pasta gigi ada varian biasa, sensitive, mint, dan lainnya. Kegiatan ekonomi memiliki tujuan yaitu menghasilkan keuntungan bagi produsen dan distributor serta memberikan manfaat bagi konsumen.

4. Banyak pihak yang terlibat

Perilaku kegiatan ekonomi baik produsen, distributor dan konsumen merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian tanpa bantuan dari manusia lain. Kegiatan ekonomi melibatkan banyak orang supaya bisa berjalan dengan kondusif dan juga lancar.

5. Mengenal potensi alam yang ada untuk dipergunakan dengan baik

Tujuan dari ilmu ekonomi adalah manusia mampu mengenal potensi alam yang ada untuk dipergunakan dengan baik dalam memenuhi kebutuhannya. Manusia memiliki perilaku baik dan buruk. Perilaku manusia yang buruk seperti ingin menggunakan semua sumber daya yang ada. Hal ini bisa ditanggulangi dengan adanya pengambilan keputusan yang memperhatikan aspek ekonomi dan perilaku manusia.

6. Ketakutan akan kelangkaan

Kelangkaan terjadi apabila jumlah persediaan sumber daya tidak sebanding dengan besarnya kebutuhan akan sumber daya tersebut. Kelangkaan adalah hal yang ditakutkan pelaku ekonomi karena bisa menyebabkan ketidak seimbangan pasar. Apabila terjadi kelangkaan akan ada pihak yang tidak bisa memanfaatkan sumber daya tersebut sehingga terjadi kesenjangan sosial.

7. Ilmu ekonomi membantu memilih prioritas

Kecenderungan manusia untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sering kali tidak didasarkan pada skala prioritas. Mempelajari ilmu ekonomi salah satu manfaatnya adalah manusia bisa memilah mana yang menjadi kebutuhan prioritasnya yang harus segera dipenuhi. Perbedaan skala prioritas ini membuat kebutuhan manusia menjadi beragam dan produsen bisa membuat produk yang beragam.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar