Mengapa Ikan Tidak Pernah Tidur

Ikan merupakan biota air yang memiliki keunikan dalam mempertahankan hidupnya. Jika dilihat memang ikan seolah tidak pernah tidur karena matanya selalu terbuka.

Namun sebenarnya hewan ini tetap butuh istirahat sama seperti makhluk hidup lainnya. Hanya saja ikan mempunyai ciri-ciri tidur yang menarik.

Alasan Mengapa Ikan Tidak Pernah Tidur

1. Tidak Ada Kelopak

Ikan diketahui tidak memiliki kelopak mata karena di dalam air tidak ada debu yang berbahaya. Namun meskipun mata ikan tampak terbuka, biota ini juga tidur seperti makhluk hidup pada umumnya. Mata yang tidak mempunyai kelopak itulah yang membuat ikan tidak dapat memejamkan matanya saat tidur. Cara tidur biota tersebut memang unik dan tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

2. Mata Selalu Terbuka

Jika Anda memperhatikan ikan, pasti akan melihat mata biota ini tidak pernah berkedip atau terpejam. Saat ikan membuka matanya maka ada dua kemungkinan yaitu ikan sedang beraktivitas atau tidur. Anda harus mengetahui perbedaannya karena meskipun ikan tidur, matanya tetap akan terbuka lebar. Ciri-ciri itulah yang melekat pada ikan dan berbeda dengan jenis hewan lainnya.

3. Dipengaruhi Sirip

Ikan yang tidur tidak hanya membuka mata saja, tetapi biota air ini juga tetap menggerakan tubuhnya termasuk sirip. Bagian tubuh tersebut digerakkan secara perlahan dan tidak terlalu aktif seperti saat sedang berenang. Hal ini bertujuan agar tubuh ikan tetap seimbang saat melayang di atas air. Sehingga ikan tidak akan tenggelam atau terbawa arus air meskipun sedang tidur.

4. Posisi Tidur

Saat ikan sedang beraktivitas posisinya akan berada di atas air maupun melayang. Namun ketika sedang tidur, biota tersebut diketahui posisinya ada dasar air. Ada pula ikan yang tidur dengan sembunyi di balik batu karang untuk menghindari serangan dari musuh.

5. Pergerakan Ikan

Uniknya lagi beberapa jenis ikan akan tetap melakukan pergerakan meskipun saat tidur. Hal tersebut berfungsi agar pasokan oksigen tetap terjaga. Sehingga ikan tidak akan kekurangan oksigen saat berada di air dan kondisi tubuhnya tetap seimbang. Umumnya ikan yang melakukan pergerakan ini sering dijumpai pada ikan ukuran besar.

6. Otak Tetap Aktif

Berbeda dengan makhluk hidup lainnya, ikan yang tidur akan tetap bereaksi. Hal itu dikarenakan salah satu otaknya tetap aktif. Jika otak kiri istirahat maka otak kanan akan aktif, begitupun sebaliknya. Kondisi ini mampu membuat ikan tetap bisa menghirup oksigen.

7. Respon Ikan

Hal lain yang dapat diamati untuk melihat cara tidur ikan yaitu responnya terhadap benda luar. Jika Anda memiliki aquarium pasti bisa membedakan respon ikan. Biota ini jika sedang tidur responnya sangat rendah atau bahkan tidak merespon.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar