Mengapa Ikan Salmon Dapat Melewati Jalur yang Sama Saat Bermigrasi

Migrasi merupakan perpindahan yang dilakukan dari satu tempat menuju tempat lainnya. Tidak hanya manusia saja yang bisa melakukan migrasi, namun ikan salmon juga bermigrasi.

Perbedaannya adalah migrasi pada ikan salmon dilakukan agar bisa menyesuaikan dengan kondisi alam agar dapat menguntungkan keturunannya dan juga eksistensi hidupnya.

Fakta Terkait Mengapa Ikan Salmon Dapat Melewati Jalur yang Sama Saat Bermigrasi

1. Ikan salmon tidak pernah lupa dimana mereka dilahirkan

Ketika ikan salmon dilahirkan dan kemudian menetas di sungai berisikan air tawar, mereka lalu bermigrasi dengan mengikuti air yang mengalir sampai ke laut. Ikan salmon tumbuh besar hingga dewasa dan melangsungkan hidupnya di lautan. Namun, mereka tidak pernah lupa dimana mereka dilahirkan sehingga jalurnya sama.

2. Tempatnya menetas merupakan tempat terbaik untuk menetaskan keturunannya

Ikan salmon dilahirkan di sungai yang berair tawar. Tempat tersebut merupakan tempat terbaik bagi mereka sehingga ketika akan menetaskan anak-anaknya, mereka kembali ke tempat dimana mereka dilahirkan. Karena saat mereka baik-baik saja saat dilahirkan, maka menjadi tempat terbaik juga untuk kelahiran keturunannya.

3. Berjuang untuk bisa ke tempat asalnya

Setelah dilahirkan, ikan salmon bermigrasi dalam jarak jauh, bahkan hingga di hilir sungai. Mereka akan kembali ke tempat asalnya dimana mereka dilahirkan ketika akan menetaskan telur-telurnya. Mereka berjuang untuk bisa sampai ke ‘kampung halaman’ dengan cara berenang meskipun harus melawan arus deras air sungai.

4. Medan magnet pada bumi bermanfaat untuk migrasi ikan salmon

Ikan salmon mengenali kekuatan, intensitas serta medan magnet pada bumi sehingga jalur migrasi dipetakan seperti kompas. Oleh sebab itu, ikan salmon bisa kembali ke tempat asalnya tanpa takut salah jalur. Hal ini termasuk kelebihan ikan salmon dibandingkan jenis ikan lainnya meskipun ikan salmon mempunyai penglihatan yang cukup terbatas.

5. Mempunyai kemampuan sensor geomagnetik

Ikan salmon memiliki kemampuan berupa sensor geomagnetik dimana mereka akan mengikuti arah yang ada pada medan magnet di bumi. Ketika ikan salmon melewati medan magnet yang tidak cocok, maka mereka akan berbelok melewati arah yang tepat sehingga ikan salmon tidak akan tersesat ketika menuju ke tempat asalnya dimana mereka dilahirkan.

6. Memiliki kekuatan indra penciuman

Indra penciuman yang dimiliki ikan salmon tergolong kuat. Mereka mampu mendeteksi dimana mereka dilahirkan di sungai. Ketika telah sampai di lokasi dimana mereka dilahirkan, maka disitulah mereka kemudian menetaskan telur-telurnya.

7. Kelangsungan hidup di sungai menipis

Ikan salmon akan berhenti makan saat mereka kembali ke sungai berair tawar. Mereka akan memakan lemak di tubuhnya dalam waktu satu tahun. Oleh karena itu mereka merasa kelelahan dan tanpa makan setelah perjalanan dari laut ke sungai lalu mati karena kelaparan.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar