Mengapa Ikan Paus Mengeluarkan Kepalanya ke Permukaan Air

Ikan paus termasuk salah satu jenis biota laut yang terkenal dengan tingkah lakunya mengeluarkan kepala ke permukaan air.

Hewan mamalia yang hidup di dalam laut ini selalu muncul di permuakan air sembari menyemburkan air seperti layaknya air mancur dari hidungnya.

Alasan Mengapa Ikan Paus Mengeluarkan Kepalanya ke Permukaan Air

1. Sistem pernapasan berupa paru-paru

Biota laut termasuk ikan paus hidup dengan cara bernapas melalui paru-paru. Ikan paus mengeluarkan kepala ke permukaan air dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup mereka. Kemunculan mereka ke permukaan air bertujuan menghirup oksigen dan udara sebanyak-banyaknya hingga paru-parunya terasa penuh.

2. Dilakukan satu kali setiap dua jam

Setelah menghirup oksigen dan udara di permukaan air, ikan paus kemudian menyelam kembali ke dalam laut. Satu jam kemudian ikan paus kembali muncul di permukaan air karena udara yang ada di dalam paru-paru telah masuk ke titik jenuh lalu menghembuskannya menuju ke udara sehingga tampak seperti layaknya air mancur.

3. Udara yang dihembuskan merupakan udara jenuh

Ikan paus menghembuskan udara menuju ke permukaan air dimana udara tersebut memiliki kandungan uap air yang telah mengembun atau mengalami proses yang disebut dengan kondensasi. Kondensasi merupakan istilah untuk mengartikan wujud benda yang berubah menjadi wujud padat.

4. Lubang sembur digunakan untuk bernafas

Ikan paus bernafas dengan menggunakan bagian tubuh di atas kepala yang disebut dengan lubang sembur. Lubang tersebut mempunyai fungsi sebagai suatu alat yang digunakan untuk masuknya udara ke paru-paru ikan paus. Lubang sembur akan terbuka ketika ikan paus naik menuju ke permukaan air saat mengambil udara lalu akan menutup kembali ketika menyelam ke dalam laut.

5. Prinsip kerja paru-paru mirip dengan manusia

Sama seperti manusia dimana ikan paus juga butuh bernafas. Walaupun ikan ini dikenal dapat bertahan dan menahan napas di dalam air selama kurang lebih 90 menit namun ikan paus juga butuh bernafas seperti manusia. Lubang sembur yang dimiliki ikan paus digunakan untuk menghirup serta mengeluarkan napas, bukan mengeluarkan air.

6. Otot paru-paru ikan paus tergolong kuat

Ikan paus mempunyai otot paru-paru yang tergolong kuat karena mereka bisa menahan nafas di dalam air dalam waktu kurang lebih 90 menit. Lubang sembur pada ikan paus berfungsi sama seperti hidung manusia sebagai tempat keluar masuknya udara di dalam sistem pernafasan.

7. Nafas ditarik secepat mungkin

Saat muncul di permukaan air, ikan paus menarik napas menggunakan lubang sembur secepat dan sedalam mungkin walaupun hanya sekali tarikan. Setelah ikan paus menarik napas, lubang semburnya ditutup lalu ikan paus menyelam ke dalam laut kembali. Tingkah laku ini dilakukannya satu kali setiap dua jam.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar