Mengapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Ikan Cupang adalah sejenis ikan hias yang sangat populer di Indonesia bahkan sudah mendunia. Jenis ikan air tawar ini berasal dari beberapa Negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Kadang ikan yang memiliki nama ilmiah Betta ini terlihat tidak mau makan, berikut adalah beberapa penyebab dari Ikan Cupang tidak mau makan.

7 Alasan Kenapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan

1. Perubahan Lingkungan

Ikan Cupang merupakan jenis ikan yang sangat peka dan sensitif terhadap lingkungannya. Hal tersebut juga mempengaruhi Ikan Cupang saat diberikan makan, karena mereka masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

2. Tidak Mengetahui Jenis Makanan yang Diberikan

Alasan berikutnya kenapa Ikan Cupang tidak mau makan dikarenakan mereka tidak mengetahui jenis makanan yang anda berikan tersebut. Biasanya permasalahan seperti ini terjadi saat Ikan Cupang baru dimasukan kedalam akuarium atau ketika anda mengganti jenis makanan mereka.

3. Kualitas Makanan yang Tidak Bagus atau Tidak Disukai

Masih dari makanan, dimana permasalahan yang bisa terjadi ketika Ikan Cupang tidak mau makan selanjutnya adalah makan yang diberikan tidak bagus atau tidak disukai oleh Ikan Cupang milik anda. Permasalahan ini merupakan masalah yang paling sering terjadi, untuk mengatasinya coba berikan makanan lain dan lihat reaksinya.

4. Suhu Air yang Tidak Pas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki sensitivitas yang sangat tinggi. Bahkan suhu air yang berubah juga bisa mempengaruhi nafsu makan mereka, oleh sebab itu pastikan akuarium anda memiliki suhu yang stabil agar Ikan Cupang anda juga tetap nyaman.

5. Ada Ikan Cupang Baru yang Dimasukan Kedalam Akuarium

Nafsu makan Ikan Cupang juga dipengaruhi dengan kehadiran hewan lain di dalam akuarium. Hal ini dikarenakan Ikan Cupang merupakan hewan teritorial yang tidak suka jika wilayahnya dimasuki hewan lain bahkan itu sesama Ikan Cupang.

Biasanya Ikan Cupang memerlukan waktu agar bisa berteman dengan penghuni baru akuarium. Saat penghuni lama dan penghuni baru sudah berteman barulah mereka mau makan makanan yang anda berikan.

6. Ikan Mengalami Stress

Penyebab lainnya kenapa Ikan Cupang tidak mau makan adalah karena ikan tersebut mengalami stress. Stress yang dialami Ikan Cupang ini juga memiliki banyak faktor seperti terlalu sering berpindah-pindah tempat tinggal, gangguan dari luar, penghuni akuarium yang terlalu banyak, hingga suhu air yang tidak pas.

7. Karena Penyakit

Permasalahan paling utama kenapa Ikan Cupang tidak mau makan adalah penyakit. Seperti yang sering terjadi pada manusia dimana saat kita sakit pasti nafsu makan juga ikut menurun, hal ini juga berlaku bagi Ikan Cupang dimana ketika mereka sakit maka nafsu makan mereka juga ikut menurun bahkan bisa menyebabkan kematian pada ikan tersebut.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar