Mengapa Hubungan Manusia dan Lingkungan Mengalami Perubahan

Jika anda melihat kondisi Bumi saat ini pasti anda akan menemukan hubungan antara manusia dan lingkungan mengalami banyak sekali perubahan.

Untuk lebih memperjelas permasalahan tersebut anda bisa membandingkan kondisi Bumi saat ini dengan kondisi Bumi di masa lalu, itu akan membuat anda menemukan banyak sekali hal yang berubah.

Nah, pada kesempatan kali ini mari kita bahas beberapa alasan yang menyebabkan kondisi tersebut bisa terjadi.

Alasan Mengapa Hubungan Manusia dan Lingkungan Mengalami Perubahan

1. Perubahan Lingkungan Seiring Waktu Berjalan

Pasti anda tahu yang namanya Teori Evolusi yang menyatakan makhluk hidup bisa berevolusi seiring berjalannya waktu. Hal ini juga terjadi pada lingkungan yang mulai mengalami evolusi, sebagai contoh ketika sebuah pohon mulai tumbuh besar di tengah perkotaan maka manusia akan menebangnya karena dianggap mengganggu dan berbahaya.

2. Bencana Alam

Salah satu faktor yang membuat hubungan manusia dan lingkungan berubah adalah bencana alam seperti tanah longsor, tsunami dan masih banyak lagi. Setelah bencana alam tersebut pasti manusia akan mulai membangun kembali peradabannya yang membuat lingkungan menjadi sasaran.

3. Kebutuhan Manusia

Alasan selanjutnya kenapa hubungan antara manusia dan lingkungan menjadi berubah dikarenakan kebutuhan manusia. Seperti yang kita ketahui manusia memiliki 3 kebutuhan pokok yaitu Sandang, Pangan dan Papan dimana semuanya berhubungan dengan lingkungan yang terkadang membuat manusia untuk merusak lingkungan.

4. Manusia Membangun Peradaban yang Nyaman Hanya Untuk Mereka Sendiri

Sebuah peradaban atau perkembangan manusia sangat lekat dengan yang namanya tempat tinggal. Dari kumpulan tempat tinggal ini akan menghasilkan sebuah daerah pemukiman yang dikenal dengan sebutan Desa atau Kota, namun sayangnya daerah pemukiman tersebut hanya nyaman bagi manusia saja dan tidak untuk lingkungan terlebih tumbuhan.

5. Evolusi Manusia

Segala kerusakan yang dialami oleh lingkungan sebenarnya diawali oleh evolusi manusia yang membuatnya bisa memanfaatkan alam dan lingkungan sekitarnya. Namun, sayangnya pemanfaatan tersebut kadang berlebihan yang mengakibatkan lingkungan menjadi tercemar.

6. Hilangnya Rumah Bagi Para Hewan

Jika berbicara tentang lingkungan maka kita juga harus memperhatikan para hewan yang ada di lingkungan tersebut. Kadang pemanfaatan lingkungan (alam) yang berlebihan oleh manusia bisa membuat rumah dari para hewan menjadi hilang, hal ini menyebabkan beberapa hewan kadang terlihat memasuki pemukiman warga dan menyerang manusia.

7. Hilangnya Tempat Mencari Makan Bagi Para Hewan

Dikarenakan lingkungan yang mulai dikuasai oleh manusia membuat beberapa hewan mulai terancam punah karena tidak memiliki tempat untuk mencari makan. Hal ini kemudian membuat rantai makanan menjadi rusak bahkan ada beberapa hewan yang tidak segan-segan untuk memasuki area pemukiman manusia untuk mencari makan bahkan sampai melakukan penyerangan kepada manusia.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar