Close

Mengapa Hikayat Dapat Dikembangkan Menjadi Sebuah Cerpen

Pengertian Hikayat adalah karya sastra bentuk lama yang berisikan cerita yang sifatnya rekaan atau fiksi, keagamaan, biografi, sejarah ataupun gabungan dari beberapa sifat yang ada. Hikayat sastra lama berasal dari Melayu dan kebanyakan memang ditulis dalam Bahasa Melayu.

Hikayat Melayu banyak diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia. Tidak hanya bahasa namun perkembangannya  juga dalam bentuk cerita cerpen. Mengapa demikian? 

Alasan hikayat dapat dikembangkan menjadi sebuah cerpen

1. Unsur penting cerpen ada di hikayat

Cerpen merupakan karya sastra fiksi modern singkatan dari  cerita pendek. Dikatakan cerita pendek karena hanya memuat satu konflik utama. Unsur penting dari sebuah cerpen adalah adanya tema, tokoh, alur, konflik dan latar kejadian. Cerita Hikayat mengandung unsur penting tersebut sehingga hikayat bisa dikembangkan menjadi cerpen dengan tujuan menumbuhkan perasaan emosional pembaca.

2. Hikayat berbentuk cerita panjang

Hikayat adalah sastra panjang yang memiliki beragam sifat. Hikayat sejarah misalnya merupakan rangkaian cerita atau alur yang memuat waktu, tempat, tokoh, dan konflik yang terjadi di masa lalu. Dari penjabaran panjang hikayat bisa diringkas dalam bentuk sinopsis kemudian ditulis ulang menjadi sebuah cerita pendek atau cerpen.

3. Cerita pendek berupa fiksi

Cerpen adalah karya sastra berbentuk fiksi atau rekaan. Meskipun berupa fiksi namun cerpen bisa memuat fakta di dalamnya dengan tambahan majas, konjungsi, sudut pandang dan lainnya sehingga menjadi cerita fiksi. Jenis karya fiksi menyasar perasaan emosional dari pembacanya dan bukan logika.

4. Ide pembuatan cerpen bisa berasal dari mana saja

Ide utama dari cerpen bisa berasal dari mana saja termasuk dari hikayat. Ide utama ini bisa berupa khayalan dari penulis yang kemudian dimasukkan ke dalam imajinasi yang berbeda jauh dari realita kehidupan yang ada. Hikayat sebagai karya sastra bisa menjadi sumber ide cerpen dengan sebutan sumber berasal dari literasi.

5. Jumlah karakter cerpen lebih sedikit daripada hikayat

Di dalam satu hikayat utuh biasanya akan banyak karakter yang berperan di sana dengan konflik yang kompleks pula. Sedangkan dalam cerpen karakternya bisa disederhanakan dengan konflik yang berfokus pada sudut pandang karakter yang diangkat saja.

6. Cara merubah hikayat menjadi cerpen cukup mudah

Merubah hikayat menjadi cerpen cukup mudah. Pertama, pilih jenis hikayat apa yang ingin dijadikan cerpen, kemudian baca dan pahami isinya lalu buat sinopsis jalan ceritanya kemudian dari sinopsis ini buat daftar konflik antar tokoh, kemudian ubah konflik menjadi cerita pendek.

7. Tidak ada larangan hikayat dijadikan cerpen

Cerpen adalah karya sastra baru yang berupa fiksi. Di dalam fiksi tidak ada larangan cerita harus realistis, memuat fakta dan lainnya. Serta dalam cerpen tidak ada istilah bagus dan jelek. Syarat dikatakan cerpen adalah memuat unsur-unsur sebuah cerpen, tidak ada larangan ide dari cerpen berasal dari hikayat.

Tinggalkan komentar