Mengapa Hewan Peliharaan Harus Dirawat dengan Baik

Saat ini, semakin banyak orang yang memiliki hewan peliharaan. Bahkan, sering kali dibuat untuk eksis di kanal media sosial. Situasi demikian tentu merupakan kabar baik, selama yang bersangkutan melakukan perawatan dengan benar.

Pasalnya tidak jarang, hewan dipelihara hanya untuk memenuhi ego manusia semata, lalu ditelantarkan.

Alasan Mengapa Hewan Peliharaan Harus Dirawat dengan Baik

1. Obat penawar kesepian

Tidak peduli seberapa rendah diri atau kesepian Anda, hewan peliharaan akan selalu ada bagi tuannya. Apakah ingin mencurahkan isi hati atau memberi tahu mereka rahasia pribadi, Anda tahu semuanya akan tetap aman bersama makhluk lucu tersebut. Hewan peliharaan memberi cinta tanpa syarat dan selalu setia.

2. Mengurangi stres

Stres? Hewan peliharaan dikenal dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Para ahli mengatakan bahwa orang bisa terbebas dari stres dan depresi, jika mereka menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan.

3. Panjang umur

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang cenderung menghabiskan waktu mereka dengan hewan peliharaan lebih mungkin untuk hidup lebih lama daripada orang yang tidak.

4. Keterampilan sosial yang lebih baik

Ingin meningkatkan keterampilan sosial Anda? Dikatakan pemilik hewan peliharaan akan memiliki hubungan baik dalam sosialnya. Anak-anak yang tumbuh dengan hewan di rumah mereka cenderung selalu menghormati makhluk hidup.

5. Sumber latihan

Ingin seseorang yang akan menemani diri sendiri ketika jalan-jalan? Anjing bisa menjadi teman terbaik dan akan dengan senang hati pergi jalan-jalan, kadang-kadang bahkan inisiatif mendorong pemiliknya untuk berjalan-jalan. Jadi, meskipun Anda terlalu lelah, tetap dapat menjaga stamina tetap aktif dan bugar.

Kegiatan lain yang berhubungan dengan hewan peliharaan seperti memberi makan, mandi, bermain, dan membersihkan kandang mereka. Ini juga merupakan cara yang baik untuk berolahraga, meski tentu saja, merepotkan.

6. Keamanan

Memiliki anjing di rumah sangat baik karena mereka juga dapat merangkap sebagai pengasuh. Tidak ada alarm pencuri yang lebih baik daripada anjing di rumah Anda. Ini sudah menjadi pengetahuan umum bahwasanya anjing termasuk salah satu hewan paling setia, jadi rawatlah mereka sebaik mungkin jika Anda telah memutuskan untuk memeliharanya.

7. Berbuat baik

Ada begitu banyak kucing telantar yang hidup di jalanan, di mana mereka mencari makanan di got atau tempat sampah. Dengan berinisiatif merawat mereka, tandanya Anda sudah menyelamatkan nyawa makhluk hidup, minimal satu ekor kucing.

Memelihara hewan secara tepat juga bisa dibilang sebagai bentuk kepedulian. Sadar atau tidak, ini bisa membuat Anda lebih bersimpati terhadap makhluk hidup, manusia ataupun bukan.

8. Bentuk tanggung jawab

Tentu tidak etis jika Anda telah memutuskan untuk mengambil hewan peliharaan, tetapi kemudian membiarkannya hidup sendiri begitu saja. Jadilah manusia yang bertanggung jawab dengan merawat apa yang sudah Anda mulai, dalam hal ini, mengambil hewan peliharaan.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar