Mengapa Hewan Herbivora Punya Usus yang Lebih Panjang Dibandingkan Karnivora

Jika ditinjau secara fisiologi, maka akan ditemukan bahwa usus hewan herbivora cenderung lebih panjang bila dibandingkan dengan hewan karnivora. Hewan herbivora adalah pemakan segala macam tumbuhan, sementara karnivora mengonsumsi daging saja.

Perbedaan sumber energi dari kedua jenis hewan ini tentu tidak mengherankan bila sistem pencernaannya juga berbeda. Namun, lebih dari itu semua, setidaknya ada tujuh alasan khusus mengapa terdapat perbedaan panjang usus.

Penyebab Hewan Herbivora Punya Usus yang Lebih Panjang Dibandingkan Karnivora

1. Sistem pencernaan lebih kompleks

Harus diakui, bahwa sistem pencernaan hewan herbivora lebih kompleks bila dibandingkan dengan hewan karnivora. Ini dikarenakan adanya lebih banyak kandungan nutrisi yang terdapat dari tanaman, di mana sama-sama punya kecenderungan memerlukan proses lumayan panjang agar dapat diolah secara maksimal.

2. Adanya sel selulosa

Secara spesifik jika membahas usus, Anda akan menemukan bahwa ada sel-sel selulosa yang bekerja di dindingnya, di mana ini berfungsi untuk memecah serat-serat dari tanaman. Pada imbasnya, keberadaan sel tersebut membuat usus hewan herbivora jadi lebih panjang.

3. Kapasitas perut lebih besar

Secara kasat mata, mayoritas hewan herbivora juga mempunyai ukuran perut yang lebih besar dibandingkan kelompok karnivora. Bahkan, disinyalir usus kecil dari herbivora bisa mencapai 4 sampai 6 kali lipat dibandingkan yang terdapat pada karnivora. Hal ini masih memiliki keterikatan dengan serat yang dimiliki oleh tanaman.

4. Adanya enzim selulase

Mengingat hewan herbivora hanya bergantung kepada tumbuhan sebagai sumber nutrisi, maka keberadaan enzim selulase ini sangat penting. Pasalnya, enzim tersebut yang akan melakukan hidrolisis terhadap serat selulosa agar menjadi glukosa. Secara struktural, enzim selulase diproduksi di dinding usus dengan bantuan sel-sel selulosa.

5. Makanan karnivora lebih mudah dicerna

Hewan karnivora hanya memakan daging sebagai sumber nutrisi sehingga kinerja sistem pencernaannya relatif lebih ringan. Dibandingkan herbivora yang dibebani oleh komponen serat selulosa, hewan jenis ini tidak demikian. Itulah mengapa ukuran ususnya pun lebih pendek, mereka tidak membutuhkan usus yang panjang.

6. Perbedaan kondisi perut

Jika membandingkan hewan herbivora dan karnivora yang memiliki ukuran serupa, Anda akan mendapati bahwa perut herbivora lebih luas atau besar dibandingkan karnivora. Jika ditinjau lebih jauh, ternyata hewan herbivora memang memiliki empat perut sehingga saluran pencernaannya lebih panjang. Sementara itu, karnivora berperut tunggal, tidak heran saluran pencernaannya berukuran pendek.

7. Kondisi gigi

Herbivora mengandalkan gigi berbentuk lebar untuk memamah makanan, sementara karnivora mempunyai susunan gigi yang tajam dan kuat. Hal ini disebabkan oleh perbedaan sumber energi, di mana herbivora cukup mengunyah tanaman dengan tekstur lebih lunak, dibandingkan daging yang dimamah oleh karnivora.

Sejalan dengan hal itu, sistem pencernaan kedua jenis hewan tersebut turut beradaptasi. Kinerja usus herbivora relatif lebih berat dibandingkan karnivora, sehingga salurannya pun lebih panjang.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar