Mengapa Hewan Dapat Melayang di Air

Hewan air mempunyai beberapa keunikan, salah satunya yaitu dapat melayang di air. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal termasuk struktur tubuh yang melengkapinya. Sehingga saat berada pada tekanan air, biota dapat menyesuaikan diri agar tidak terbawa arus.

Alasan Mengapa Hewan Dapat Melayang di Air

1. Gaya Angkat Air

Air mempunyai gaya angkat yang besar daripada udara karena lebih rapat. Hal itulah yang membuat hewan dapat melayang di atas air tanpa tenggelam. Biota tersebut bisa bergerak bebas di atas air dengan bantuan gaya angkat yang secara otomatis membuat hewan melayang. Hewan akan mudah menyesuaikan dengan gaya angkat air sehingga mampu mengangkat tubuhnya.

2. Bentuk Tubuh

Torpedo merupakan bentuk tubuh yang sering dijumpai pada hewan air. Bentuk ini berfungsi agar biota dapat menyesuaikan habitatnya dengan cara meliuk ke sisi kiri dan kanan. Terdapat pula sirip yang membantu hewan untuk melayang di atas air tanpa takut dengan kedalamannya. Selain itu, ada juga gelembung renang yang berguna untuk mengeluarkan gas serta mengatur gerakan naik turun pada hewan air.

3. Tegangan Permukaan Air

Beberapa biota air memiliki cara tersendiri dalam melakukan gerakannya di atas air. Salah satunya adalah bebek yang menggunakan tegangan permukaan air agar bisa melayang dengan bebas. Tegangan tersebut diketahui berasal dari adanya gaya kohesi molekul gelembung air. Kemudian tegangan permukaan air tersebut akan menghasilkan gaya angkat yang dapat membantu hewan agar tidak tenggelam.

4. Masa Tubuh

Masa tubuh pada hewan sangat mempengaruhi gerakan melayang di atas air. Jika gaya angkat air besar, maka masa jenis hewan lebih kecil begitupun sebaliknya. Hal tersebut berguna untuk menjaga keseimbangan saat berada di atas air sehingga biota dapat menyesuaikannya. Jadi masa jenis hewan dengan habitatnya mengalami perbedaan yang berbanding terbalik.

5. Mengeluarkan Energi

Hewan yang bisa melayang di air tentu harus mengeluarkan energinya agar bisa menahan tekanan. Jika biota ini tidak memiliki cukup energi, maka tidak bisa menahan gerakan air yang sangat cepat. Hal ini tentu akan membahayakan hewan saat berada di permukaan air.

6. Gelembung Renang

Pada beberapa hewan tertentu diketahui memiliki gelembung renang yang bermanfaat untuk membantu melayang di atas air. Gelembung ini bekerja agar biota air tidak perlu bergerak atau berenang secara terus menerus dalam mempertahankan posisinya. Sehingga hewan air akan sangat terbantu karena adanya gelembung renang.

7. Jenis Hewan

Jenis hewan air memang sangat banyak dengan ciri-ciri tersendiri. Setiap tubuhnya pun mempunyai struktur pelengkap yang bisa membuat biota tersebut mampu menyesuaikan habitat. Selain itu, juga berfungsi untuk menjaga posisi agar tetap seimbang dengan air.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar