Mengapa Hewan dan Manusia Mengalami Pertumbuhan dan Perkembangan

Manusia dan hewan merupakan makhluk hidup yang mengalami pertumbuhan serta perkembangan. Hal tersebut berguna supaya keduanya bisa bertahan hidup.

Selain itu ciri-ciri ini juga sangat diperlukan untuk melestarikan kehidupannya. Namun, hewan dan manusia memang memiliki tumbuh kembang yang sedikit berbeda.

Alasan Mengapa Hewan dan Manusia Mengalami Pertumbuhan dan Perkembangan

1. Ciri Makhluk Hidup

Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang sangat banyak, salah satunya adalah tumbuh dan berkembang. Hal tersebut sangat mutlak karena akan terjadi pada manusia maupun hewan. Pertumbuhan dan perkembangan ini dimulai sejak makhluk hidup lahir sampai nanti sudah mati. Namun, keduanya memiliki perkembangan yang sedikit berbeda karena adanya beberapa faktor.

2. Perubahan Bentuk

Pertumbuhan dapat diamati dengan perubahan bentuk tubuh, mulai dari tinggi, berat badan, dan masih banyak lagi. Pertumbuhan akan berlangsung mulai dari makhluk hidup menjadi zigot sampai menuju dewasa. Sedangkan perkembangan bisa terjadi sampai manusia dan hewan sudah mati karena itu merupakan ciri khas atau sifat. Jadi makhluk hidup memang perlu untuk mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

3. Peningkatan Sel

Makhluk hidup yang masih baru lahir tentu mempunyai jumlah sel yang berbeda dengan yang sudah dewasa. Jika masih kecil jumlah sel pun masih sedikit, namun jika sudah dewasa sel akan bertambah banyak dan memiliki fungsi tersendiri. Sel ini sangat berpengaruh terhadap perkembangbiakan selanjutnya.

4. Berkembang Biak

Perkembangbiakan yang terjadi pada makhluk hidup sangat penting supaya tidak mengalami kepunahan. Jika hewan dan manusia mengalami pertumbuhan serta perkembangan yang baik maka diharapkan bisa berkembang biak. Terdapat sedikit perbedaan dalam perkembangbiakan pada hewan dan manusia. Hal tersebut dikarenakan hewan bisa berkembang biak dengan cara bertelur dan kawin, sedangkan manusia hanya kawin saja.

5. Dapat Menghasilkan Keturunan

Setiap makhluk hidup pasti ingin menghasilkan keturunan yang serupa untuk melestarikan habitatnya. Manusia dan hewan yang tumbuh menjadi dewasa akan memiliki sel yang berfungsi untuk menghasilkan keturunan. Kemudian pertumbuhan tersebut juga diiringi dengan perkembangan. Sehingga tumbuh kembang sangat diperlukan makhluk hidup.

6. Asupan Makanan

Pertumbuhan dan perkembangan biasanya dipengaruhi oleh asupan makanan. Jika makhluk hidup dapat menyerap sari makanan, maka tumbuh kembang pun juga akan baik. Meskipun manusia dan hewan tidak memiliki persamaan dalam asupan, namun keduanya perlu makanan untuk menjaga pertumbuhan.

7. Mempertahankan Kelangsungan Hidup

Tujuan lain manusia dan hewan yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yaitu agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Makhluk hidup yang sudah dewasa akan mampu menjaga diri dari serangan musuh dibandingkan dengan saat masih kecil. Tidak hanya itu, makhluk hidup tersebut lambat laun juga bisa mencari makanan sendiri saat sudah bertumbuh.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar