Mengapa Hewan Cnidaria Ada yang Memiliki Bentuk Tubuh Medusa dan Polip

Cnidaria atau hewan berlubang diketahui memiliki banyak keunikan. Salah satunya yaitu bentuk tubuhnya yang berupa medusa dan polip.

Bentuk tersebut hanya dimiliki cnidaria dewasa yang sudah bisa melakukan reproduksi. Tidak heran jika biota laut ini berbeda dengan hewan lainnya yang habitatnya ada di air laut.

Ciri-Ciri dan Mengapa Hewan Cnidaria Ada yang Memiliki Bentuk Tubuh Medusa dan Polip

1. Reproduksi Aseksual

Cnidaria akan melakukan perkembang biakan dengan cara aseksual pada masa polip. Jika cnidaria sudah dewasa, maka akan terlepas dari tunas induknya yang berupa polip tersebut. Kemudian hewan tersebut akan melayang di air atau habitatnya yang dikenal dengan nama medusa. Hal itulah yang membuat cnidaria mempuyai dua bentuk tubuh yang berbeda dari biota laut lainnya.

2. Reproduksi Seksual

Reproduksi seksual terjadi pada cnidaria yang sudah berbentuk medusa. Proses perkembang biakan ini dengan cara membentuk sel gamet betina dan jantan agar cnidaria bertambah banyak. Medusa yang dapat melakukan proses reproduksi tersebut hanya yang memiliki sel sperma dan telur. Sehingga saat ditemukan bisa menghasilkan cnidaria medusa yang serupa.

3. Knidosit

Knidosit adalah kemampuan cnidaria yang dapat menyengat saat diserang musuh. Selain itu, juga berguna untuk menangkap mangsa saat cnidaria mengincar hewan lain. Bentuk tubuh polip dan medusa membuat cnidaria memiliki knidosit tersebut. Kemampuan biota ini memang sangat berguna terutama saat keadaan genting agar bisa menghindari musuh.

4. Metagenesis

Metagenesis merupakan proses pergiliran reproduksi yang terjadi pada cnidaria. Hewan yang sudah dewasa akan mengalami perkembang biakan melalui metagenesis tersebut. Khusus cnidaria akan terjadi dua perkembangan yang berbeda yaitu reproduksi secara seksual maupun aseksual. Hal ini dikarenakan cnidaria memiliki bentuk tubuh medusa dan polip yang terlihat sedikit berbeda.

5. Struktur Tubuh

Bentuk polip dan medusa yang ada pada tubuh cnidaria memiliki susunan struktur yang sama. Hewan berlubang ini mempunyai lapisan endoderm serta ektoderm yang melekat pada tubuhnya. Lapisan tersebut berfungsi untuk melindunginya dari ancaman luar serta memperkuat proses pencernaan. Sehingga cnidaria dapat bertahan hidup dalam jangka waktu lama.

6. Unik

Cnidaria memang termasuk biota laut yang cukup unik karena mempunyai dua bentuk tubuh. Apalagi setiap bentuknya berfungsi untuk menghasilkan regenerasi agar cnidaria dapat memperbanyak populasi. Selain bentuknya, cnidaria juga memiliki kemampuan melindungi diri dengan mengeluarkan racun. Keunikan ini jarang ditemui pada biota lain yang habitatnya di air.

7. Pergerakan

Polip diketahui tidak dapat bergerak bebas pada air, karena bentuknya hampir mirip tumbuhan yang melekat pada substrat atau sesil. Sedangkan medusa dapat bergerak dan melayang bebas di permukaan air. Sehingga cnidaria dewasa yang memiliki polip dan medusa akan mengalami dua reproduksi.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar