Mengapa Hewan Berkembang Biak

Hewan merupakan makhluk hidup yang memiliki beberapa cara untuk berkembang biak. Ada yang menghasilkan keturunan dengan cara vivipar atau ovovivipar sesuai dengan jenisnya.

Selain itu perkembangbiakan ini juga memiliki banyak manfaat terutama untuk melestarikan populasinya supaya tidak punah.

Manfaat Mengapa Hewan Berkembang Biak

1. Melestarikan Keturunan

Setiap hewan pasti ingin keturunannya tetap terjaga dengan baik. Jika keturunan tersebut selalu bertambah maka habitat dan ekosistem hewan akan lestari. Sehingga hewan yang berkembang biak memiliki tujuan untuk melestarikan keturunan dengan cara bertelur atau kawin. Selain itu biasanya pada hewan tertentu juga bisa menghasilkan keturunan silang dari perkembangbiakan dengan hewan yang warna bulunya berbeda.

2. Menjaga Populasi

Perlu diketahui bahwa populasi hewan sangat penting untuk dijaga. Apalagi saat ini banyak manusia yang sering memburu hewan tanpa berpikir panjang dengan menggunakan senjata berbahaya. Jika dibiarkan lama kelamaan hewan tersebut bisa terancam keberadaannya. Maka dari itu hewan perlu berkembang biak agar populasinya dapat bertambah banyak dan tetap terjaga.

3. Tidak Punah

Tujuan lain dari perkembangbiakan hewan adalah agar tidak mengalami kepunahan. Hal tersebut sangat penting supaya hewan tetap lestari sepanjang masa. Selain itu, hewan juga perlu menjaga keturunannya dengan baik agar tidak diburu oleh manusia atau menjadi incaran hewan lain. Sehingga melalui perkembangbiakan diharapkan dapat menurunkan jumlah kepunahan.

4. Mewariskan Sifat

Setiap populasi hewan memiliki sifat yang berbeda dengan hewan lainnya. Jika hewan berkembang biak, maka dapat mewariskan ciri khas atau sifatnya terhadap keturunannya. Apalagi sifat yang diwariskan sangat diperlukan untuk membedakan dengan populasi lain. Maka dari itu, hewan harus berkembang biak seperti makhluk hidup pada umumnya untuk bisa mewariskan sifat pada keturunannya.

5. Memperbanyak Diri

Memperbanyak diri atau populasi merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua makhluk hidup termasuk hewan. Jika keturunan banyak maka dapat mengurangi tingkat kepunahan yang sering terjadi. Selain itu dapat menjaga habitat tempat hidupnya agar tidak rusak dengan cara memperbanyak diri. Sehingga berkembang biak menjadi salah satu cara untuk menambah jumlah hewan.

6. Menghasilkan Hewan Serupa

Hewan diketahui dapat menghasilkan keturunan yang serupa baik itu sifat atau ciri lainnya. Biasanya yang berbeda hanya warna bulunya saja. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah besar, asalkan jenis hewan tetap sama. Maka dari itu hewan harus berkembang biak baik secara vivipar maupun ovovivipar untuk menghasilkan hewan yang serupa.

7. Agar Hewan Sehat

Perkembangbiakan yang terjadi pada hewan memiliki manfaat agar makhluk hidup tersebut tetap sehat. Jika hewan memiliki penyakit tertentu biasanya akan sulit dalam menghasilkan keturunan. Jadi proses perkembangbiakan juga bisa membuat hewan sehat.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar