Mengapa Harus Ada Proklamasi

Proklamasi merupakan sebuah pengumuman yang dilakukan oleh Bangsa Indonesia untuk memberitahukan kemerdekaan Indonesia kepada seluruh negara di dunia.

Mungkin ada beberapa orang yang akan bertanya kenapa Proklamasi Kemerdekaan harus ada atau harus dibuat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak beberapa penjelasan berikut ini.

Alasan Kenapa Harus Ada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

1. Untuk Memberitahukan Kepada Dunia Bahwa Indonesia Sudah Merdeka

Alasan yang paling pertama diadakannya Proklamasi Kemerdekaan adalah untuk memberitahukan kepada seluruh dunia bahwa Bangsa Indonesia bisa merdeka tanpa bantuan negara-negara luar. Proklamasi Kemerdekaan ini sendiri dibaca oleh Ir. Soekarno sang Presiden pertama Indonesia yang didampingi oleh Mohammad Hatta di sebuah rumah yang berlokasi di Jl. Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta Pusat pada tanggal 17 Agustus 1945.

2. Memperkuat Semangat Juang Para Pahlawan

Saat terjadinya Proklamasi Kemerdekaan, Indonesia belum sepenuhnya berhasil dikuasai oleh para pejuang kita. Namun saat itu Jepang yang menjadi penjajah Indonesia sedang menarik mundur banyak pasukannya untuk mengatasi masalah pemboman Kota Nagasaki dan Kota Hiroshima di Jepang karena ulah Amerika Serikat.

Hasil penarikan pasukan tersebut membuat para pejuang bisa mempunyai kesempatan yang besar untuk mengambil alih kembali tanah air kita. Dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan membuat semangat juang para pejuang dan pahlawan makin besar dan hasilnya Indonesia berhasil mengusir Jepang setelah memenangkan pertempuran di berbagai tempat.

3. Mengusir Para Penjajah

Dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan oleh Bangsa Indonesia secara tidak langsung membuat para penjajah harus segera mengangkat kaki mereka dari tanah air tercinta kita ini. Jika mereka tidak ingin pergi maka Indonesia tidak segan-segan untuk menyerang dan mengusir para penjajah tersebut.

4. Menghindari Penjajah Baru Setelah Kepergian Jepang

Jepang merupakan negara terakhir yang menjajah Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan diserukan oleh Ir Soekarno dan Mohammad Hatta. Setelah menyebarkan kabar bahwa Bangsa Indonesia kini sudah melakukan Proklamasi Kemerdekaan tersebut membuah negara-negara besar di luar sana harus memikirkan matang-matang  keinginan mereka untuk menjajah Bangsa Indonesia.

5. Membuat Dunia Mengakui Bangsa Indonesia

Setelah membuat Proklamasi Kemerdekaan dan resmi menjadi sebuah negara kini Indonesia harus membuat negara-negara lain mengakui Indonesia sebagai sebuah negara. Hal ini tidaklah mudah, namun perlahan Indonesia mulai diakui sebagai negara oleh negara-negara di seluruh dunia. Negara pertama yang mengakui Indonesia sebagai negara adalah Mesir yaitu pada tanggal 22 Maret 1946.

Tanpa adanya Proklamasi Kemerdekaan maka Indonesia tidak akan bisa diakui dunia sebagai negara dan akan tetap menjadi daerah jajahan bagi negara-negara maju di luar sana. Oleh sebab itu dengan adanya Proklamasi Ini membuat Indonesia bisa keluar dari segala masalah antar negara dan menjadi sebuah negara yang tidak bisa diganggu lagi karena sudah diakui dunia.

6. Menyatukan Seluruh Masyarakat

Tujuan dibuatnya Proklamasi salah satunya adalah mempersatukan seluruh golongan masyarakat. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia sudah lama dijajah oleh berbagai macam bangsa sehingga banyak masyarakat yang mulai terpecah-belah, dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan ini akan mulai mempersatukan seluruh golongan masyarakat menjadi satu kesatuan.

7. Menciptakan Sebuah Negara Baru dengan Harapan Baru

Setelah berhasil mendeklarasikan kemerdekaan dalam bentuk Proklamasi tujuan selanjutnya diadakan Proklamasi Kemerdekaan adalah untuk menciptakan sebuah negara baru dengan harapan baru. Negara inilah yang kita kenal dengan nama Indonesia hingga saat ini, semua harapan para pahlawan dan pendiri Bangsa Indonesia sudah dituliskan di dalam UUD 1945, Pancasila dan dasar-dasar negara lainnya.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar