Mengapa Harimau Banyak Diburu Manusia

Harimau merupakan hewan buas yang keberadaannya terancam punah. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah banyak manusia yang memburunya dengan senjata tajam.

Orang yang mengincar hewan tersebut diketahui ingin menggunakan bagian tubuh harimau untuk kepentingan pribadi. Apalagi fosil harimau memiliki nilai tinggi saat dijual ke beberapa daerah.

Alasan Mengapa Harimau Banyak Diburu Manusia

1. Dijadikan Obat

Beberapa bagian tubuh harimau diketahui bisa menjadi bahan pembuatan obat herbal. Pada daerah tertentu obat ini sering diincar oleh para pembeli. Harganya pun lumayan mahal karena diambil langsung dari harimau yang memang sangat langka. Hal itulah yang membuat harimau banyak diburu manusia dan membuat habitatnya terancam punah karena ditembak, dibom, dan lainnya.

2. Pembuatan Produk

Kulit harimau yang sangat cantik dan memiliki corak warna orange membuatnya sering dijadikan bahan pembuatan produk. Salah satu barang yang memakai kulit ini yaitu tas, sepatu, baju, dan masih banyak lagi. Produk yang berasal dari kulit harimau sangat tinggi harganya yang membuat penjual memperoleh keuntungan. Sehingga banyak orang yang sering memburu harimau di hutan.

3. Digunakan Aksesoris

Fosil dari hewan harimau yang sudah mati bisa diawetkan sebagai pajangan aksesoris. Mulai dari kepala hingga ekornya yang sudah kering mampu dibentuk dengan sentuhan manusia untuk menjadi barang yang nilainya tinggi. Apalagi konsumen juga banyak yang tertarik untuk membelinya karena bentuknya yang unik. Maka dari itu, harimau sering diburu tanpa memperhatikan populasinya.

4. Dijual

Manusia yang memburu harimau banyak yang menjualnya di pasar gelap. Tubuh harimau tersebut dijual dengan harga mahal supaya mendapatkan keuntungan. Hal tersebut akan membuat harimau terancam punah karena sering menjadi incaran. Sebaiknya semua orang harus sadar bahwa hewan ini perlu dilindungi dan jangan digunakan untuk memperoleh keuntungan pribadi.

5. Organ Tubuh Menjadi Incaran

Organ tubuh harimau mulai dari gigi, taring, tulang, ekor, dan lainnya diketahui memiliki manfaat yang cukup banyak. Hal itu membuat sebagian orang tertarik untuk memburunya tanpa berpikir panjang. Apalagi beberapa daerah juga menawarkan jual beli organ harimau dengan nilai tinggi. Jika harimau diburu secara terus menerus maka keberadaannya bisa terancam punah.

6. Mengganggu Pemukiman

Rumah penduduk yang dekat dengan hutan pasti akan membuat masyarakat waspada terhadap hewan buas. Apalagi harimau merupakan hewan yang sangat berbahaya. Sehingga beberapa penduduk banyak yang mengincar harimau agar tidak mengganggu pemukiman.

7. Memiliki Kekuatan Magis

Taring dan gigi harimau dipercaya memiliki kekuatan magis di sejumlah daerah. Orang yang mempercayainya tentu akan mengincar harimau untuk diburu. Selain itu, organ tubuh tersebut juga banyak diperjualbelikan di pasar gelap karena kepercayaan penduduk setempat.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar