Mengapa Harga Pasar Juga Disebut Dengan Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan pasar merupakan kondisi dimana produk yang ingin dibeli oleh konsumen sesuai dengan harga penawaran dari penjual. Jika hubungan pembeli dan penjual terjalin baik, maka proses jual beli pun bisa berjalan dengan lancar.

Hal tersebut tentu akan berdampak pada peningkatan penjualan. Maka dari itu, harga keseimbangan pasar ini sangat penting.

Alasan Mengapa Harga Pasar Juga Disebut Dengan Harga Keseimbangan

1. Jumlah Permintaan

Permintaan konsumen yang tinggi terhadap suatu barang membuat penjual akan menawarkan produknya. Biasanya pembeli berkeinginan agar harga barang tersebut sesuai dengan kualitas. Jika penjual terlalu menawarkan harga tinggi, maka kecil harapan untuk konsumen membelinya. Tetapi jika pedagang mampu menyesuaikan jumlah permintaan dengan nilai jual maka bisa membuat harga pasar seimbang.

2. Kesepakatan

Kesepakatan antara penjual dan konsumen sangat diperlukan sebelum membeli barang. Apabila kesepakatan sudah terbentuk, pembeli pun akan puas karena bisa mendapatkan produk yang diinginkan. Selain itu penjual juga memiliki keuntungan yang sesuai dengan barang yang sudah laku terjual. Sehingga terjadi harga keseimbangan dalam suatu pasar tersebut.

3. Penawaran

Biasanya orang yang belanja di pasar sudah tidak asing lagi dengan proses tawar menawar. Pembeli akan menawar harga sesuai kualitas produk yang dijual tersebut. Begitupun sebaliknya, penjual juga mengajukan tawaran yang masih bisa diperhitungkan dengan keuntungan yang akan dicapai. Jika proses penawaran itu berjalan lancar, maka hal tersebut membuat harga pasar menjadi seimbang.

4. Kuantitas

Kuantitas atau jumlah suatu barang yang ingin dibeli oleh konsumen membuat harga pasar harus seimbang. Oleh karena itu, penjual harus menawarkan harga yang sesuai dan jangan terlalu mahal supaya selalu laris terjual. Tentunya harga tersebut juga harus dipertimbangkan dengan harga dari pabrik. Sehingga penjual dan pembeli diharapkan bisa saling menguntungkan.

5. Transaksi

Jika kesepakatan jual beli barang sudah disetujui oleh konsumen dan pedagang, maka langkah selanjutnya adalah proses transaksi. Harga yang sesuai bisa membentuk keseimbangan pasar saat transaksi tersebut. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap penjualan selanjutnya agar pedagang tidak mengalami kerugian.

6. Hubungan Penjual dan Konsumen

Penjual dan konsumen harus mempunyai hubungan yang baik agar proses jual beli dapat berjalan lancar. Sehingga barang atau produk akan terjual sesuai keinginan penjual. Tidak hanya itu, konsumen pun akan memperoleh barang yang diinginkan. Hal itu juga berfungsi untuk menyeimbangkan harga pasar sesuai dengan produk yang ditawarkan.

7. Produk yang Dijual

Jika produk yang dijual memiliki keunikan tersendiri maka dapat menarik perhatian konsumen. Hal ini tentu akan membuat harga pasar seimbang karena tidak mengalami penurunan. Penjual pun tidak rugi karena barang yang ada di pasar diminati oleh banyak pembeli.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar