Mengapa Harga Jual Kerajinan dari Serat Alam Relatif Mahal

Kerajinan yang terbuat dari serat alam memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya pikat konsumen. Apalagi bahan yang digunakan memang berasal dari serat yang berasal dari alam, bukan dari bahan buatan. Hal ini pun membuat harganya relatif mahal dibandingkan dengan kerajinan lainnya.

Alasan Mengapa Harga Jual Kerajinan dari Serat Alam Relatif Mahal

1. Proses Pembuatan

Kerajinan yang berasal dari serat alam biasanya dibuat dengan cara ditenun, dianyam, dirajut, dan masih banyak lagi. Hal tersebut tentu membutuhkan tenaga kerja yang mahir dalam melakukannya. Proses pembuatan yang masih manual inilah membuat harga kerajinan menjadi mahal. Sehingga penjual memperhitungkan keuntungan yang sesuai dengan proses pembuatan produk.

2. Waktu Pengerjaan

Proses pembuatan kerajinan yang masih manual tentu membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama. Apalagi pembuat kerajinan harus detail dalam menciptakan produk tersebut agar menarik konsumen untuk membelinya. Waktu pengerjaan ini membuat harga yang dijual di pasaran sedikit mahal dibandingkan dengan produk jadi. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan konsumen untuk membelinya.

3. Unik

Produk yang terbuat dari serat alam memiliki keunikan tersendiri di mata pembeli. Pembuat yang mengerjakan produk tersebut harus mempunyai kreativitas tinggi agar berbeda dengan barang lainnya. Keunikan dari kerajinan itulah yang bisa membuat harga jual relatif mahal saat dijual di toko. Selain itu, produk yang unik ini juga akan membuat konsumen tertarik.

4. Bahan Baku

Bahan baku berupa serat alam yang berasal dari tumbuhan maupun hewan membuatnya memiliki nilai jual yang tinggi. Serat tersebut diolah sedemikian rupa untuk membuat tas, sepatu, dan berbagai kerajinan lainnya. Masyarakat yang membuat produk juga mempertimbangkan bahan baku yang dipakai dengan harga jual.

5. Kualitas Bahan

Kerajinan serat alam diketahui mempunyai kualitas tinggi yang tidak kalah dengan barang jadi lainnya. Anda yang ingin membelinya harus mengetahui kualitas tersebut agar tidak salah dalam memilih. Produk dengan kualitas tinggi tentu akan sangat berpengaruh terhadap harga jual yang mahal.

6. Corak

Corak warna dan beragam motif yang ditawarkan pada kerajinan serat alam bertujuan untuk menarik minat pembeli. Pembuat produk yang kreatif akan menciptakan corak yang berbeda dengan barang lainnya. Biasanya semakin banyak motif dan warna yang ditampilkan di suatu kerajinan maka harganya juga mahal. Jadi konsumen bisa memilih corak sesuka hati.

7. Kelangkaan Produk

Barang yang terbuat dari serat alam biasanya tidak diproduksi dalam jumlah banyak, Hal itu dikarenakan bahan yang dipakai langka. Kerajinan yang langka tersebut membuatnya tidak mudah ditiru oleh produk lain. Oleh karena itu, harganya menjadi relatif mahal saat sampai di tangan pembeli. Namun, saat Anda memakainya dijamin akan merasa senang.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar