Mengapa Globalisasi Menjadi Tantangan Tersendiri untuk Kita

Globalisasi yaitu proses penyebaran budaya yang bisa menimbulkan pengaruh baik maupun buruk. Biasanya budaya luar menjadi faktor utama penyebab globalisasi. Hal ini dapat dilihat dari cara berpakaian serta kehidupan masyarakat yang sering meniru budaya luar.

Sehingga globalisasi yang terjadi di era sekarang menjadi tantangan tersendiri dan masyarakat harus lebih selektif dalam menerima budaya baru.

Alasan Mengapa Globalisasi Menjadi Tantangan Tersendiri untuk Kita

1. Perubahan Budaya

Budaya luar yang masuk ke dalam negeri dapat menimbulkan dampak yang signifikan. Beberapa orang mungkin bisa memilah budaya tersebut, tetapi ada masyarakat yang justru tergerus globalisasi. Apalagi saat ini sudah banyak ditemukan pola kehidupan masyarakat yang sama seperti orang luar negeri.

2. Teknologi Semakin Canggih

Pada era globalisasi memang semua teknologi sudah serba canggih dan lebih mudah. Tetapi semua orang harus mampu menggunakan teknologi dengan baik serta tidak menyalahgunakan. Perkembangan teknologi komunikasi, transportasi, dan masih banyak lagi bisa membawa pengaruh baik jika digunakan sesuai kebutuhan. Sedangkan penyalahgunaan teknologi tentu juga berdampak terbalik yang dapat menimbulkan kerugian.

3. Informasi Cepat Menyebar

Teknologi yang sudah modern serta mudah dipakai memungkinkan penyebaran informasi yang lebih cepat. Seseorang tentu harus hati-hati dalam melakukan setiap tindakan. Apalagi sekarang banyak orang yang bermain media sosial untuk penyebaran informasi. Sehingga Anda harus menggunakan media dengan sebaik mungkin dan jangan sampai terjerumus ke dalam penyalahgunaan informasi.

4. Perilaku Konsumtif

Masyarakat yang mengenal budaya luar lebih memiliki perilaku konsumtif. Banyak orang yang memilih makanan cepat saji serta membeli produk secara berlebihan. Fenomena itu sudah umum dijumpai karena masyarakat meniru budaya luar yang konsumtif. Hal itu tidak bagus jika diterapkan dalam kehidupan karena bisa mengubah pola pikir seseorang.

5. Pengikisan Budaya Negeri

Pengaruh globalisasi yang sangat besar terhadap nilai kebudayaan diketahui bisa mengikis budaya negeri. Seseorang banyak yang memilih membeli produk buatan luar daripada buatan asli negeri. Padahal seharusnya setiap orang bangga dengan produk dalam negeri, maka dari itu Anda harus mampu mengatasi pemikiran seperti ini.

6. Menuntut Pemikiran Kritis

Beragam teknologi yang sangat membantu aktivitas masyarakat tentu menuntut setiap orang untuk berpikir kritis. Manusia harus mempunyai pikiran yang kreatif dan inovatif. Selain itu Anda juga perlu belajar memakai teknologi karena jika tidak bisa maka akan tertinggal dengan pola pikir orang lain.

7. Mengikuti Perkembangan Zaman

Perkembangan zaman memang perlu diikuti setiap orang, tetapi harus dengan pemikiran yang lebih modern. Masyarakat yang tidak mampu beradaptasi terhadap perkembangan zaman maka akan sulit melakukan kegiatan. Jadi globalisasi memang menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh semua orang.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close