Mengapa Globalisasi Memunculkan Persaingan Antara Produk Dalam Negeri dan Luar Negeri

Pengertian globalisasi yaitu proses mendunia suatu hal sehingga menghilangkan batasan negara. Dampak adanya globalisasi menimbulkan pasar bebas yang menjadikan perdagangan antar negara tanpa adanya batasan wilayah.

Dari segi ekonomi globalisasi memunculkan persaingan antara  produk luar negeri dan  produk dalam negeri, Mengapa demikian? 

Alasan Globalisasi Memunculkan Persaingan Antara Produk Dalam Negeri dan Luar Negeri

1. Barang dari Luar negeri mudah masuk

Globalisasi membuat banyak produk dari luar negeri mudah masuk ke dalam negeri karena hilangnya batasan-batasan wilayah. Semua orang bisa dengan mudah memesan produk dari luar negeri sesuai dengan keinginannya melalui situs belanja online. Proses pembayarannya pun sangat mudah, produk akan diantar langsung ke rumah pemesan dengan mudah pula. Orang tidak perlu datang ke outlet untuk membeli barang.

2. Globalisasi merubah perilaku masyarakat

Globalisasi merubah perilaku masyarakat yang cenderung ke arah konsumtif. Barang-barang yang dibeli tidak hanya barang dengan nilai guna tetapi juga nilai estetik. Barang-barang dari luar negeri memberikan value yang berbeda seperti nilai investasi, gengsi dan lainnya. Dampak dari perilaku masyarakat ini mengakibatkan persaingan antara produk luar negeri dan dalam negeri.

3. Jumlah yang tidak sebanding

Banyaknya produk luar negeri yang masuk akibat dari perdagangan bebas mengalahkan jumlah dari produk lokal. Banyak varian produk dari luar negeri yang belum ditemukan versi dalam negerinya. Kebanyakan produk yang jumlahnya tidak sebanding ini akibat dari kurangnya produsen di dalam negeri.

4. Regulasi semakin mudah untuk produk luar negeri

Globalisasi membuat pasar bebas, mau tidak mau harus diimbangi dengan regulasi yang sesuai dari pemerintah. Semua negara mencoba beradaptasi dengan globalisasi ini tidak jarang regulasi dari pemerintah dibuat lebih menguntungkan bagi produk luar negeri masuk ke dalam negeri. Sedangkan produk dalam negeri tidak didukung dengan maksimal.

5. Kualitas produk

Persaingan produk dalam negeri dan luar negeri terjadi karena adanya kesenjangan kualitas produk. Produk impor umumnya memiliki kualitas produk yang lebih unggul karena sudah melalui quality control dari produsen dan mekanisme negaranya. Sedangkan produk lokal yang dijual masih banyak yang berkualitas rendah karena kurangnya pengawasan dari segi quality.

6. Harga yang lebih terjangkau

Globalisasi membuat persaingan antara produk dalam negeri dan luar negeri karena adanya kesenjangan harga. Harga dari produk luar negeri banyak yang lebih murah dibandingkan dalam negeri karena kemudahan bahan baku, tidak adanya pajak di negaranya dan produksi yang dilakukan dalam skala besar sehingga harga modalnya menjadi lebih murah.

7. Strategi pemasaran produk

Globalisasi menghilangkan batasan suatu wilayah. Kecepatan internet membuat bidang promosi menjadi lebih mudah. Brand besar luar negeri memiliki strategi pemasaran yang tersusun dengan rapi sedangkan produk dari dalam negeri masih kurang dalam strategi pemasaran. Pemasaran saat ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dan bisa diakaes oleh semua orang.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close