Mengapa Globalisasi Membawa Keberagaman

Globalisasi merupakan sebuah proses yang mana disini memudahkan warga dunia dalam menjangkau satu sama lain, serta saling terhubung dengan semua aspek kehidupan. Baik itu dalam bidang politik, ekonomi, teknologi, budaya dan juga lingkungan. Dengan adanya globalisasi maka terciptalah keberagaman.

Alasan Mengapa Globalisasi Membawa Keberagaman

1. Batas Negara Makin Menipis

Dengan adanya globalisasi tersebut tidak dapat dipungkiri batas negara pun juga makin menipis. Terdapat lebih dari 200 negara di seluruh dunia dan tiap negara tentunya mempunyai batas serta wilayah masing-masing.

Oleh karena pengaruh dari globalisasi, batas wilayah tersebut jadi hal yang tidak lagi penting. Hal tersebut dikarenakan tiap orang di zaman saat ini sudah bisa memperoleh informasi dengan mudah.

Perkembangan teknologi serta komunikasi di era globalisasi tersebut jadi hilang. Sehingga mengakibatkan batas dari negara pun juga ikut menipis. Saat ini orang jauh lebih mudah untuk menghubungi teman ataupun kerabat yang terdapat di negara lain hanya dengan memakai telepon.

2. Aktivitas Perdagangan Semakin Luas

Globalisasi juga mengakibatkan aktivitas perdagangan jadi lebih luas lagi. Aktivitas ekonomi serta perdagangan di dunia jadi lebih terbuka dan mampu melewati batas wilayah sebuah negara.

Di era globalisasi, tenaga kerja bisa dengan lebih mudah untuk memilih bekerja di wilayah negara manapun sesuai dengan kemampuan dan keinginan mereka.

3. Arus Informasi yang Mudah

Dengan adanya globalisasi juga memungkinkan penyebaran informasi jadi lebih cepat dan mudah. Pada akhirnya hal tersebut juga mengakibatkan adanya keberagaman. Berbagai peristiwa kecil sekalipun saat ini bisa diterima oleh semua orang di semua tempat.

Globalisasi memudahkan tiap negara untuk menunjukkan eksistensi diri di seluruh dunia. Prestasi seseorang bisa dengan mudah untuk diketahui oleh seluruh masyarakat dunia saat ini.

4. Ruang Sosial Terbuka

Dengan adanya telepon, email dan lain sebagainya, membuat ruang sosial jadi lebih terbuka dengan lebar. Hal itulah yang akhirnya menyebabkan adanya keragaman di seluruh dunia. Kemajuan teknologi dalam bidang komunikasi tersebut memberikan fasilitas yang sangat memudahkan dan membuka pergaulan jadi lebih luas di seluruh lapisan masyarakat.

5. Masyarakat Makin Maju

Dengan adanya globalisasi ini, perkembangan teknologi yang terjadi di suatu tempat pun juga akan semakin mudah untuk di tiru serta diaplikasikan. Perkembangan dan penemuan teknologi mengakibatkan kemajuan besar terhadap kehidupan masyarakat.

6. Pertukaran Budaya

Globalisasi juga mengakibatkan budaya dari suatu daerah atau budaya asing bisa masuk ke dalam budaya dalam negeri dengan lebih mudah. Dengan begitu akhirnya budaya dari suatu negara pun bisa diserap dan dipelajari oleh negara-negara lain.

7. Etos Kerja Meningkat

Tak dapat dipungkiri bahwasannya dengan adanya globalisasi tersebut menuntut untuk masyarakat dunia memiliki etos kerja yang makin tinggi. Seseorang harus berjuang supaya mereka bisa bertahan di era global seperti sekarang ini.

Persaingan tersebut tentunya perlu untuk dihadapi dengan semangat untuk terus belajar. Seperti yang diketahui, kompetisi di dunia global makin tinggi. Sehingga dengan begitu seseorang tidak dapat hanya berpangku tangan dan pasrah terhadap nasib.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close