Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial adalah perpindahan kelas sosial baik ke atas maupun ke bawah yang akan mempengaruhi perubahan hidup seseorang. Mobilitas ini terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah faktor ekonomi.

Jika ekonomi tidak stabil maka mobilitas juga tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, faktor tersebut sangat penting dalam menentukan mobilitas sosial setiap orang.

Alasan Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial

1. Kesulitan Mendapat Pendidikan

Diketahui bahwa pendidikan sangat penting dalam kehidupan semua orang. Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh maka orang tersebut akan mudah melakukan mobilitas sosial. Hal itu dikarenakan seseorang bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan menaikkan statusnya.

Akan tetapi jika faktor ekonominya rendah maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh pula pada pendidikan. Kebanyakan orang yang kesulitan dalam hal ekonomi tidak menempuh pendidikan dalam jenjang yang lebih tinggi. Bahkan ada pula yang memutuskan untuk berhenti sekolah. Sehingga mobilitas sosial akan terhambat dan tidak bisa mengikuti perubahan yang ada.

2. Sulit Memperoleh Modal Kerja

Seseorang yang memiliki modal kerja bisa membuka suatu usaha atau bisnis untuk meningkatkan taraf hidupnya. Selain itu juga tidak perlu bekerja di suatu perusahaan karena dapat mengolah bisnisnya sendiri. Namun faktor ekonomi juga menjadi penentu apakah orang tersebut mampu memperoleh modal kerja atau tidak. Jika tidak maka mobilitas sosial akan sulit terjadi.

3. Kurangnya Pelatihan

Masyarakat yang kurang dalam hal ekonomi akan membuatnya merasa putus asa untuk meningkatkan kelas sosialnya. Sehingga beberapa orang mungkin akan sulit mendapatkan pelatihan kerja. Padahal pelatihan itu sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang kompeten. Suatu perusahaan tentu akan memilih orang yang berkompeten untuk dinaikkan jabatannya.

Jadi jika masyarakat kurang memiliki pelatihan tersebut maka akan sulit memperoleh pekerjaan. Hal ini akan mempengaruhi mobilitas sosial karena manusia tidak mampu mengikuti perubahan di sekitarnya. Maka dari itu faktor ekonomi harus lebih ditingkatkan lagi supaya bisa menunjang kehidupan yang lebih baik.

4. Berkurangnya Jumlah Relasi

Alasan lain mengapa faktor ekonomi bisa menghambat mobilitas sosial adalah berkurangnya jumlah relasi khususnya bagi orang dengan ekonomi rendah. Relasi ini sangat penting karena bisa mengubah pola pikir seseorang untuk lebih maju. Akan tetapi faktor ekonomi yang tidak memadai juga akan mempersulit masyarakat untuk mendapatkan banyak relasi dalam bidang apapun.

5. Kebutuhan yang Tidak Terpenuhi

Mobilitas sosial sangat penting dalam kehidupan manusia. Adanya mobilitas ini akan membuat seseorang lebih berkembang dalam meningkatkan ekonominya. Namun jika faktor ekonomi tidak terpenuhi maka manusia akan sulit pula untuk mendapatkan kebutuhan. Hal ini nantinya juga akan berdampak buruk terhadap perubahan kelas sosial setiap orang karena tidak mampu melakukan mobilitas dengan baik.

6. Meningkatnya Angka Kemiskinan

Semakin tinggi angka kemiskinan maka akan sangat mempengaruhi mobilitas sosial. Faktor ekonomi yang rendah ini akan membuat seseorang sulit menaikkan kelas sosialnya karena tidak bisa leluasa mengembangkan diri. Selain itu hal ini juga akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia.

7. Susah Mencari Pekerjaan

Orang yang bekerja sesuai passion akan berkesempatan untuk naik jabatan dan memiliki gaji tinggi. Namun jika faktor ekonomi tidak mendukung maka akan membuat seseorang sulit mengembangkan kualitas diri sehingga sulit mencari kerja di perusahaan besar. Hal itu tentu akan menghambat mobilitas sosial yang akan berpengaruh terhadap kehidupan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar