Mengapa Coelenterata Disebut Sebagai Hewan Perut Berongga

Coelenterata merupakan biota laut yang dikenal mempunyai perut yang berongga. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor.

Rongga perut ini berguna agar coelenterata mampu bertahan hidup dengan mencerna sari makanan yang diserap oleh tubuh. Hal itulah yang membedakan coelenterata dengan hewan lain yang habitat hidupnya di air laut.

Alasan Mengapa Coelenterata Disebut Sebagai Hewan Perut Berongga

1. Memiliki Rongga

Sesuai dengan namanya, Coelenterata berasal dari kata coelon dan enteron yang artinya perut berongga. Hal itu membuat coelenterata dikenal mempunyai rongga pada bagian perutnya. Rongga tersebut memiliki fungsi tertentu terutama untuk proses metabolisme. Selain itu tidak semua hewan memiliki perut berongga sehingga coelenterata cukup unik untuk dipelajari oleh semua orang.

2. Kegunaan Perut

Rongga perut yang ada pada coelenterata berguna untuk mencerna makanan. Zat-zat yang masuk ke dalam mulut akan otomatis diolah oleh perut tersebut. Selain itu rongga perut ini berfungsi sebagai pengedar sari makanan sehingga coelenterata dapat menyerap makanan dengan baik. Kemudian sisa makanan yang keluar juga diolah melalui rongga perut agar bisa dikeluarkan.

3. Struktur Tubuh

Coelenterata mempunyai struktur tubuh yang cukup unik dan berbeda dengan hewan lainnya. Salah satunya yaitu perut berongga, tidak memiliki tulang belakang, lapisan sel tunas, dan masih banyak lagi. Setiap strukturnya tentu memiliki fungsi masing-masing yang berguna untuk kelangsungan hidup coelenterata. Hal itulah yang membuat hewan tersebut mampu beradaptasi terhadap habitatnya.

4. Memiliki Tentakel

Tentakel yang melekat pada coelenterata diketahui bermanfaat untuk mengeluarkan zat racun saat diserang musuh. Letak tentakel ini berdekatan dengan rongga perut yang ada pada coelenterata. Tidak semua hewan air mempunyai sistem pertahanan tubuh seperti ini. Sehingga coelenterata termasuk hewan perut berongga yang bisa melindungi diri dari biota laut lainnya.

5. Habitat Hidup

Habitat hidup coelenterata yang ada di dalam air laut membuat hewan ini mempunyai perut berongga. Hal tersebut dikarenakan hewan yang hidupnya di darat tidak bisa memiliki rongga perut. Apalagi perut tersebut sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup coelenterata. Maka dari itu, coelenterata selalu dikenal sebagai hewan yang memiliki perut berongga.

6. Klasifikasi

Klasifikasi coelenterata lumayan banyak dengan ciri-ciri yang berbeda. Namun setiap tingkatannya selalu mempunyai persamaan yaitu rongga perut yang berguna untuk mencerna sari makanan. Hal ini tentu akan membantu coelenterata untuk bertahan hidup karena kebutuhan zat yang diperlukan bisa terpenuhi.

7. Menjaga Keberlangsungan Hidup

Salah satu hal yang membuat coelenterata memiliki perut berongga adalah agar ekosistemnya dapat terjaga dengan baik. Makanan yang dicerna mampu membuat hewan ini bertahan hidup dalam waktu lama. Maka dari itu perut tersebut sangat bermanfaat bagi coelentera.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar