Mengapa Cerita Nelayan dan Ikan Mas Disebut Sebagai Cerita Fiksi

Cerita nelayan dan ikan mas menjadi dongeng yang sangat populer di kalangan semua orang. Cerita ini menggambarkan seekor ikan yang dapat berbicara dengan manusia.

Setiap ceritanya juga memiliki makna yang dapat Anda contoh dalam kehidupan sehari-hari. Namun, cerita tersebut tidak berasal dari kehidupan nyata yang membuatnya disebut sebagai cerita fiksi.

Alasan Mengapa Cerita Nelayan dan Ikan Mas Disebut Sebagai Cerita Fiksi

1. Digunakan untuk Cerita Dongeng

Mulai dari zaman dahulu cerita nelayan dan ikan mas sering dijadikan dongeng oleh kebanyakan orang. Dongeng tersebut memiliki cerita yang bagus sehingga kalangan anak kecil sangat menyukainya. Hal itulah yang membuat cerita nelayan dan ikan mas sudah tidak asing lagi didengar. Ceritanya yang hanya dibuat dongeng membuatnya disebut sebagai cerita fiksi yang banyak diketahui oleh semua orang.

2. Kisah Tidak Nyata

Cerita nelayan dan ikan mas adalah dongeng yang bukan berasal dari kisah nyata. Dalam ceritanya menggambarkan ikan yang dapat berbicara dengan manusia. Hal ini tentu tidak ada dalam kehidupan nyata karena semua ikan tidak dapat bicara.

Akan tetapi ceritanya yang dikemas dengan kreativitas membuat orang yang membacanya seolah-olah berada dalam alur nyata. Tidak sedikit kalangan masyarakat yang menyukai cerita tersebut. Kisahnya yang tidak ada di dunia nyata menjadi alasan disebut sebagai cerita fiksi.

3. Hasil Imajinasi

Seperti yang telah diketahui bahwa cerita nelayan dan ikan mas memang tidak ada dalam kehidupan nyata. Dongeng ini adalah hasil imajinasi pembuat cerita yang menggambarkan kebaikan seekor ikan. Hasil karya ini membuatnya terkenal di kalangan masyarakat dan menjadi dongeng masa kecil yang tidak terlewatkan. Hasil imajinasi inilah yang menjadikan cerita nelayan dan ikan mas tergolong sebagai cerita fiksi.

4. Mempunyai Pesan Moral

Setiap cerita yang dibuat berdasarkan khayalan pembuatnya pasti memiliki makna yang terselubung. Salah satunya cerita nelayan dan ikan mas yang diketahui mempunyai pesan moral. Nasihat ini diselipkan di dalam cerita untuk mengajarkan manusia agar selalu berbuat baik.

Pesan moral ini sangat penting jika diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat dongeng tersebut menjadi favorit pembacanya. Meskipun ceritanya fiksi, tetapi moral yang disampaikan dapat dicontoh dalam kehidupan nyata.

5. Memiliki Tokoh Kartun

Tokoh kartun yang ada di cerita nelayan dan ikan mas tampak seperti manusia dan ikan nyata. Namun tokoh tersebut tidak berasal dari manusia asli, namun hanya bentuk gambaran saja di dalam buku dongeng. Penggambaran ini berasal dari imajinasi pembuat cerita yang ingin membuat dongeng tampak seperti nyata. Tokoh kartun itulah yang menjadi alasan cerita nelayan dan ikan mas disebut sebagai cerita fiksi.

6. Memberikan Contoh yang Baik

Makna tersirat yang terkandung di dalam cerita nelayan dan ikan mas memang mengajarkan kebaikan untuk semua orang. Pesan moral ini terinspirasi dari kehidupan manusia. Anda yang membacanya dapat sekaligus menerapkan maknanya. Selain akan merubah kehidupan, pesannya juga berfungsi agar pembaca dapat selalu mengingat untuk menghindari perbuatan buruk.

7. Cerita Rakyat

Ada banyak sekali cerita rakyat yang telah diketahui, salah satunya cerita nelayan dan ikan mas. Cerita rakyat ini sangat populer di kalangan anak-anak karena sering dijadikan dongeng. Selain itu cerita rakyat juga termasuk cerita fiksi yang memang tidak ada di dunia nyata dan hanya dapat dinikmati di buku saja.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar