Mengapa Briket Dapat Dijadikan Energi Alternatif

Briket merupakan sebuah bahan yang mempunyai sifat bisa dibakar. Sehingga dengan begitu bahan ini bisa dipakai dalam menyalakan api. Umumnya briket akan dibuat sebagai komposit yang mempunyai pengisi serta pengikat agar nantinya dapat dibentuk jadi tabung ataupun balok yang kaku.

Selain itu dalam proses pembuatannya briket juga memerlukan adanya perekat. Briket nyatanya bisa dijadikan sebagai salah satu energi alternatif. Berikut ini alasannya.

Mengapa Briket Bisa Dijadikan Energi Alternatif Bagi Manusia?

1. Perubahan Energi Briket

Briket memiliki kemampuan dalam melakukan perubahan energi sehingga disini bisa dipakai salah satu bahan bakar alternatif. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah hukum kekekalan energi. Dimana disini energi tidak dapat dibuat maupun dimusnahkan. Namun energi bisa diubah bentuk. Pada briket inilah hukum tersebut berlaku.

Perubahan energi pada briket merupakan perubahan energi kimia yang kemudian berubah menjadi energi panas. Briket memiliki kandungan yaitu berupa unsur kimia. Antara lain yaitu: hidrogen, karbon, oksigen serta bahan-bahan lain yang mampu memicu terjadinya proses pembakaran. Karbon dan hidrogen adalah unsur yang memiliki kemampuan untuk melepaskan energi. Sedangkan unsur oksigen merupakan unsur yang diperlukan dalam proses pembakaran.

2. Dapat Diperbaharui

Alasan lain kenapa briket bisa dijadikan sebagai energi alternatif yaitu karena briket ini dapat diperbarui. Berbeda dengan bahan bakar minyak yang pada suatu saat nanti akan habis, begitu juga dengan bahan bakar gas. Sedangkan pada briket, kita tidak perlu takut kehabisan, karena bahan tersebut bisa dibuat lagi dan lagi.

3. Lebih Praktis

Jika dibandingkan dengan bahan bakar gas dan minyak, maka briket memang lebih praktis.  Pemakaian briket memang cenderung praktis. Itu juga menjadi alasan yang sangat kuat kenapa bahan yang satu ini cocok untuk dijadikan energi alternatif. Di sini briket hanya perlu untuk dibakar, supaya bisa dipakai energi panasnya untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

4. Bisa Dibuat dengan Bahan Sekitar

Alasan berikutnya mengapa briket ini sangat cocok dijadikan sebagai energi alternatif yaitu karena briket bisa dibuat dari bahan-bahan yang bisa Anda temukan di lingkungan sekitar. Terdapat banyak sekali jenis-jenis briket. Jenis-jenis tersebut dibuat menggunakan bahan-bahan organik yang mudah untuk didapat. Seperti contohnya pembuatan briket dari batok kelapa, kayu dan lain sebagainya.

5. Lebih Ekonomis

Briket jauh lebih ekonomis jika harus dibandingkan dengan bahan bakar lain, terutama bahan bakar yang non subsidi. Hal itu dikarenakan briket memang memiliki harga yang murah. Terlebih lagi bagi Anda yang berminat, maka bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara pembuatan briket pun mudah untuk Anda dapatkan di internet.

6. Lebih Ramah Lingkungan

Briket memiliki sifat yang ramah terhadap lingkungan. Api dari briket cukup panas dan besar, tapi asap yang dihasilkan nantinya jauh lebih sedikit dibanding arang pada umumnya. Itu artinya emisi karbon yang menjadi sebab terjadinya pemanasan global juga akan jauh lebih sedikit. Dan hal tersebut membuat briket menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan.

7. Masyarakat Sudah Familiar

Untuk alasan yang terakhir mengapa briket di sini bisa dan cocok untuk dijadikan sebagai energi alternatif yaitu oleh karena masyarakat Indonesia sudah familiar dengan bahan yang satu ini. Sehingga dengan begitu tidak susah untuk melakukan sosialisasi briket sebagai energi alternatif pengganti minyak maupun gas.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar