Mengapa Bersatu Dalam Keberagaman Itu Penting

Setiap negara pasti memiliki keberagaman suku, budaya, dan agama yang berbeda-beda. Keberagaman tersebut merupakan kekayaan yang harus dilestarikan sebagai kekayaan bangsa.

Maka dari itu, semua orang harus sadar akan pentingnya menghargai keberagaman agar tercipta hidup tenteram. Selain itu hal tersebut juga bermanfaat untuk menghindari permusuhan antar masyarakat.

Alasan Mengapa Bersatu Dalam Keberagaman Itu Penting

1. Menciptakan Ketentraman

Ketentraman di dalam lingkungan masyarakat sangat diperlukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bersatu dalam keberagaman dan tidak mengejek orang yang berbeda suku atau agama. Jika semua orang memahami bahwa ketentraman begitu penting maka akan menghindari perbuatan tercela. Selain itu hal ini juga berguna untuk mengurangi rasa iri atau dengki terhadap perbedaan.

2. Menghindari Permusuhan

Keberagaman yang ada di sekitar dapat menyebabkan persatuan sekaligus permusuhan. Jika Anda tidak mengerti bahwa bersatu dalam keberagaman itu penting maka akan menciptakan perpecahan. Namun, bagi orang yang sadar akan kesatuan pasti tidak melakukan hal tercela termasuk membedakan keberagaman. Maka dari itu, wawasan tentang keberagaman perlu diketahui.

3. Saling Menghargai

Setiap perbedaan baik itu ras, suku, agama, maupun kebudayaan harus selalu dihargai oleh semua orang. Perbedaan tersebut harus dijadikan sebagai kekayaan bangsa dan jangan dirusak. Setiap masyarakat harus sadar bahwa keberagaman harus dijaga agar tidak menimbulkan perpecahan. Tak hanya itu, Anda juga bisa mempelajari budaya orang lain agar menambah ilmu.

4. Menjaga Keutuhan

Keutuhan negara akan tercapai jika setiap orang menghormati keberagaman. Masyarakat yang baik adalah orang yang selalu berperilaku terpuji dan tidak menimbulkan permusuhan antar sesama. Hidup berdampingan dengan orang lain yang memiliki perbedaan budaya termasuk hal yang unik karena Anda bisa bertanya mengenai adat istiadatnya.

5. Tercipta Hidup Damai

Kehidupan damai di tengah lingkup masyarakat merupakan hal yang ingin dicapai semua orang. Anda dapat mewujudkannya dengan cara menghargai setiap keberagaman. Meskipun orang lain memiliki kebiasaan cara beribadah maupun melakukan adat yang berbeda, Anda tidak boleh mengejek atau memusuhinya. Hal tersebut harus ditanamkan supaya tercipta hidup damai.

6. Menjaga Kerukunan

Saling menjaga kerukunan antar sesama umat manusia adalah hal yang harus diterapkan. Jika keberagaman yang ada tidak pernah dipermasalahkan maka kerukunan akan tercipta. Anda sebaiknya selalu menanamkan pola pikir untuk menghormati orang lain.

7. Menciptakan Persatuan

Persatuan dan kesatuan bangsa akan terwujud jika setiap masyarakat tidak membedakan orang lain. Jadikan keberagaman sebagai alat pemersatu yang tidak boleh dihilangkan. Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menghargai adat dan budaya orang lain. Maka dari itu jangan mengejek bahkan mengucilkan orang yang memiliki keberagaman berbeda.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar