Mengapa Batik Tulis Lebih Mahal Harganya Dibanding Batik Cap atau Printing

Penggemar batik pasti tidak asing dengan batik tulis. Di dunia batik sendiri ada berbagai macam batik seperti batik printing, batik cap, batik tulis, dan lain sebagainya.

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya mengapa harga batik tulis tergolong lebih mahal dibandingkan dengan batik printing atau batik cap.

Alasan Harga Batik Tulis Tergolong Lebih Mahal Dibandingkan Jenis Batik Lainnya?

1. Penggunaannya memerlukan perhatian lebih

Batik tulis berbeda dengan jenis batik cap dimana pengerjaan secara manual membutuhkan perhatian yang lebih. Dari segi coraknya, grafisnya, hingga letak motif pada batik tulis tidak dapat presisi seperti batik cap. Ketika akan dijahit, batik tulis harus diposisikan sesuai polanya sehingga pengerjaannya harus dengan kehati-hatian ekstra.

2. Merupakan simbol dari tingginya jiwa seni seorang pengrajin

Pengrajin batik tulis dianggap mempunyai jiwa seni tinggi dan tidak dimiliki oleh semua orang. Diperlukan pembelajaran secara khusus agar bisa menjadi seorang pengrajin batik jenis tulis. Pengrajin batik tulis biasanya secara turun-temurun sehingga tidak semua orang bisa menjadi pengrajin batik tulis tanpa keahlian atau skill dalam bidang tersebut.

3. Dikerjakan secara manual

Perbedaan antara batik tulis dengan jenis batik lainnya yakni dalam hal proses pembuatannya. Batik tulis dikerjakan secara manual dengan menggunakan beberapa peralatan yang mendukung, salah satunya adalah canting. Untuk menyelesaikan desain batik, satu desain membutuhkan waktu lama karena proses membatiknya perlu ketelitian ekstra.

4. Setiap desain mempunyai karakter tersendiri

Proses pembuatan batik tulis membutuhkan waktu lama dan ketelitian sehingga harus ditekuni dengan sabar. Karena sepotong kain jenis batik tulis tidak akan mungkin untuk dikerjakan lebih dari satu orang. Bahkan, tidak bisa diteruskan atau diwakilkan orang lain karena menciptakan suatu karakter batik.

5. Motif batik tidak pasaran

Batik cap mungkin akan banyak ditemukan kembarannya di pasaran. Namun berbeda dengan batik tulis yang tidak akan ditemukan kesamaan motif di pasaran. Hal ini dikarenakan motif pada batik tulis berbeda-beda dan selalu update mengikuti pola terbaru. Semakin rumit dan unik motifnya, semakin mahal harganya.

6. Biaya produksi batik tulis lebih tinggi

Batik cap maupun batik printing menggunakan teknik produksi yang lebih terjangkau dibandingkan dengan teknik pembuatan batik tulis. Produksi pada batik cap dan batik printing dibuat dalam jumlah yang begitu banyak. Berbeda dengan batik tulis yang tergolong jarang ditemukan motifnya di tempat lain.

7. Tidak ada pengulangan gambar pada proses pembuatan batik tulis

Motif dan pola pada batik tulis tampak lebih ramping karena pembuatannya dikerjakan secara manual dan tidak ada pengulangan gambar seperti pada jenis batik lainnya. Berbeda dengan batik cap dan batik printing yang menggunakan mesin, bukan menggunakan tangan manusia secara manual.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar