Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra

Sebagaimana yang sudah diketahui oleh kebanyakan orang bahwa bangsa Barat adalah pelopor dari adanya ekspedisi penjelajahan samudra di zaman pertengahan abad ke 15.

Dua negara yang sudah sangat terkenal karena mempunyai pelaut yang handal dalam melakukan penjelajahan samudra yakni Portugis dan Spanyol.

Banyak sekali rute perjalanan laut yang sudah berhasil dibuat dengan adanya ekspedisi yang sudah dilakukan oleh kedua bangsa tersebut.

Alasan Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra

Melakukan Perdagangan

Adapun alasan yang terbesar dari bangsa Barat yang melakukan sebuah penjelajahan samudra yakni guna melakukan perdagangan, mencari harta dan menaklukkan daerah baru.

Bangsa Barat atau Eropa yang sudah mempelopori kegiatan penjelajahan samudra ini adalah Spanyol dan juga Portugis. Nah, diantara berbagai bangsa lainnya, di kedua bangsa tersebut sudah menghadapi kesusahan ekonomi yang sangat paruh sejak jatuhnya Konstantinopel.

Menyebarkan Agama

Salah satu alasan dari bangsa Barat yang melakukan penjelajahan samudra yaitu guna menyebarkan agama. Hal ini membuat data tarik tersendiri untuk bangsa Barat dalam melakukan penjelajahan di Negara Indonesia.

Penyebaran agama yang diupayakan oleh bangsa Barat tersebut tidak lain karena Indonesia mempunyai banyak suku maupun budaya dan juga masyarakat yang terbilang melimpah. Jadi,mereka tentu saja tertarik untuk menyebar agamanya hingga ke seluruh penjuru di Indonesia.

Memperoleh Sumber Daya Alam

Sumber daya alam menjadi faktor utama guna menciptakan negara yang lebih maju. Akan tetapi, siapa sangka kalau hal itu merupakan salah satu penyebab suatu negara menjadi incaran negara lainnya guna menguasai. Kondisi semacam itu pun menimpa Negara Indonesia juga.

Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Akan tetap, masyarakat di zaman dahulu kurang memahami tentang pengelolaannya. Negara Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang tidak sedikit, bahkan mempunyai beribu-ribu pulau. Sehingga, bangsa Barat tergiur untuk memanfaatkan hal tersebut.

Mencari Kemuliaan Bangsa

Sebuah negara merdeka berarti negara itu harus mempunyai pengakuan dari negara lainnya. Tetapi beberapa negara Barat salah ketika mengaplikasikan hal itu. Bangsa Barat hendak menguasai Negara Indonesia serta beberapa negara lain guna keperluan mencari kemuliaan bangsa.

Suatu bangsa yang mempunyai kemuliaan seharusnya dapat menjadikan negaranya menjadi lebih maju, sehingga kemerdekaannya banyak diakui. Tetapi tidak disangka kalau bangsa Barat mencari kemuliaan bangsa dengan cara yang terbilang ekstrim yaitu dengan menjelajah serta menjajah negara lainnya supaya kekuasaan yang dimiliki semakin meluas.

Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Bangsa Barat saling berlomba-lomba untuk bisa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang pelayaran guna menemukan dunia Timur. Pasalnya, dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai, tentu saja semakin mudah untuk membuat negara mereka menjadi semakin terdepan.

Mendapatkan Rempah-Rempah

Faktor yang mendorong bangsa Barat menjelajah ke dunia Timur yaitu keinginan untuk mendapatkan rempah-rempah. Hal itu karena rempah-rempah adalah komoditas perdagangan primadona di Eropa. Iklim di Eropa yang dingin membuat bangsanya sangat memerlukan rempah-rempah guna menghangatkan tubuh.

Selain itu, rempah-rempah tersebut juga dipakai sebagai salah satu bahan pengawet makanan ketika musim dingin. Oleh sebab itu, banyak pedagang Eropa yang tetap akan membeli dan memborong rempah-rempah walaupun harganya mahal sekali.

Mengeksploitasi Masyarakat

Penjelajahan yang dilakukan oleh bangsa Barat ini membuat mereka bertemu dengan banyak masyarakat. Mereka memang menyebarkan agamanya, namun menjadi salah apabila akhirnya mengeksploitasi masyarakat.

Negara Indonesia sendiri mempunyai sumber daya manusia yang banyak dan bahkan mempunyai beribu-ribu pulau. Inilah yang membuat bangsa Barat merasa diuntungkan dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang melimpah tersebut untuk kepentingannya.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar