Mengapa Anjing Melolong Pada Malam Hari

Jika Anda pernah mendengar suara anjing yang melolong saat malam hari, jangan langsung berpikiran buruk atau negatif. Anjing melolong bukan karena melihat sosok tak kasat mata seperti yang sering ditampilkan di dalam film atau sinetron.

Ada beberapa alasan yang mendasari anjing melolong ketika malam hari. Melolong termasuk cara anjing dalam berkomunikasi dengan sesamanya maupun dengan pemiliknya. Suara anjing yang melolong berlebihan harus diwaspadai karena mungkin ada masalah.

Penyebab Anjing Melolong Saat Malam Hari

1. Mengalami gangguan kecemasan

Anjing juga bisa merasakan gangguan kecemasan seperti manusia baik cemas, gelisah, tertekan, hingga stres. Ketika mengalami beberapa gangguan kecemasan tersebut, anjing biasanya melolong untuk mengungkapkan perasaannya. Selain itu, anjing juga akan melolong sebagai sebuah ekspresi dalam menyampaikan emosi frustrasi karena trauma dengan perpisahan.

2. Merasa kesepian

Anjing termasuk hewan peliharaan yang mempunyai rasa sosialisasi tinggi. Oleh sebab itu, anjing banyak dipilih manusia sebagai hewan peliharaan karena setia dengan pemiliknya serta anggota keluarganya. Jika terbiasa berada di lingkungan keluarga yang ramai lalu tiba-tiba anjing ditinggal sendiri, maka jangan heran jika anjing akan melolong di sepanjang malam karena merasa kesepian.

3. Merasa terluka

Anjing yang merasa kesakitan ketika bagian tubuhnya terluka pasti akan melolong sebagai ekspresi ketidaknyamanan yang dirasakannya. Akan tetapi, lolongan anjing karena hal ini tidak terjadi setiap malam hari, namun lolongan tersebut akan diekspresikannya kapan saja ketika anjing merasa kesakitan.

4. Merasakan adanya masalah terkait tempat tidurnya

Biasanya para pemilik anjing menyiapkan ruangan tersendiri atau rumah kecil untuk anjing mereka tidur di malam hari. Anjing melolong bisa jadi karena masalah tempat tidurnya seperti lingkungannya terlalu berisik, alas tidur yang terasa terlalu keras, ruangannya terlalu gerah, pencahayaan di ruangan terlalu terang, dan lain-lain.

5. Mendengar suara anjing lain yang melolong

Mungkin Anda pernah mendengar ketika ada satu anjing melolong, ada suara anjing lain yang membalas lolongannya. Hal ini wajar terjadi karena merupakan cara anjing berkomunikasi dengan sesamanya. Biasanya anjing sedang memberitahukan anjing lainnya terkait sesuatu hal namun tidak dipahami oleh manusia.

6. Menemukan mangsa

Beberapa jenis anjing yang termasuk ras pemburu seperti foxhound, basset hound, dan beagle melolong sebagai salah satu peringatan kepada manusia ketika mereka terpisah saat di lapangan. Anjing-anjing tersebut membantu manusia untuk menemukan ‘mangsa’ dalam proses pelacakan penjahat.

7. Melihat orang asing yang tidak dikenalnya

Tidak jarang di rumah-rumah yang memelihara anjing pasti ada suara lolongan anjing ketika kedatangan tamu yang tidak dikenal oleh anjing tersebut. Anjing seolah memberitahukan pemiliknya bahwa ada tamu orang asing datang ke rumah dan meminta pemiliknya untuk melihat siapa tamu tersebut.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar