Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas

Kelangkaan pada kebutuhan manusia memang sudah umum terjadi. Kelangkaan itu sendiri merupakan sebuah kondisi dimana tidak terdapat cukup sumber daya untuk dapat memuaskan segala keperluan manusia.

Sederhananya di sini yaitu kelangkaan bisa terjadi oleh karena jumlah barang ataupun jasa yang tersedia lebih sedikit dari jumlah kebutuhan. Dalam pembahasan ini akan diulas mengenai mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas.

Faktor yang Menyebabkan Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Jadi Terbatas?

1. Sifat dari Manusia

Faktor penyebab pertama mengapa alat pemuas kebutuhan disini sifatnya terbatas yaitu oleh karena sifat manusia yang cenderung serakah. Pada dasarnya semua manusia memang mempunyai sifat yang susah untuk merasa puas. Anda bisa melihat itu dari semakin banyaknya orang yang mulai mengumpulkan barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Akhirnya sifat tersebut pun akan mulai menggerogoti diri mereka sendiri. Manusia memang cenderung terlalu mengikuti hawa nafsu. Sehingga pada akhirnya hal tersebut akan mengakibatkan kelangkaan pada alat pemuas kebutuhan.

2. Terbatasnya Jumlah Sumber Daya Alam

Faktor berikutnya yang mengakibatkan alat pemuas kebutuhan tersebut jadi terbatas yaitu oleh karena jumlah dari sumber daya alam. Sumber daya alam itu sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu yang dapat diperbarui seperti contohnya tanah, air, udara dan lain sebagainya. Serta sumber daya alam yang tidak bisa untuk diperbarui seperti emas, minyak, batu bara dan lain-lain.

Sekalipun saat ini sumber daya tersebut tampak memiliki jumlah yang sangat melimpah, namun bukan berarti tidak terbatas. Karena memang akan selalu ada batasan. Dan hal tersebut sangat memungkinkan sumber daya alam pada akhirnya juga akan habis oleh karena penggunaan terus menerus.

3. Sumber Daya Manusia yang Kurang

Sumber daya manusia di sini memiliki peranan yang cukup penting dalam kelangsungan perekonomian negara. Dengan adanya sumber daya manusia berkualitas, tentu kondisi kelangkaan akan bisa diatasi dan dicegah.

Sekalipun sumber daya manusia melimpah, tapi yang benar-benar berkualitas sangatlah terbatas. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa hal, antara lain kurangnya apresiasi, rendahnya pendidikan, minimnya motivasi dan lain sebagainya.

4. Tingkat Pertumbuhan Penduduk

Faktor lainnya yaitu karena tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Hal ini juga akan berdampak pada semakin terbatasnya alat pemuas kebutuhan. Dengan semakin bertambahnya populasi, hal tersebut tentu akan berdampak pada semakin tingginya kebutuhan yang nantinya perlu untuk dipenuhi.

5. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi nyatanya tidak selalu memberikan dampak yang cukup positif. Sekalipun terdengar cukup baik, tapi kemajuan iptek tersebut tidak dirasakan oleh semua daerah.

Sehingga orang memang cenderung meniru gaya hidup masyarakat melalui kemajuan teknologi yang sangat luar biasa. Hal itu hanya akan menyebabkan kondisi teknologi daerah di tempat mereka tinggal jadi kurang mendukung kebutuhan tersebut secara lebih efektif.

6. Daya Produksi

Daya atau kemampuan proses produksi memiliki pengaruh yang cukup besar pada alat pemuas kebutuhan manusia. Ketika proses produksi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan cepat, tentunya kebutuhan manusia akan segera terpenuhi.

Namun jika nyatanya proses produksi tersebut berjalan dengan lambat, tentu kebutuhan akan jadi ikut terhambat dan kurang mencukupi. Belum lagi faktor yang terdapat dalam proses produksi yang seringkali berubah-ubah, seperti terbatasnya sumber daya manusia dan sumber daya alam.

7. Bencana Alam

Penyebab lain mengapa alat pemuas kebutuhan manusia di sini memiliki sifat yang terbatas, yaitu karena terjadinya bencana alam. Bencana alam sendiri pada dasarnya tidak hanya terjadi karena proses alamiah saja, namun beberapa terjadi karena kontribusi dari tindakan manusia sendiri. Sepertinya contohnya bencana banjir, kebakaran hutan, tanah longsor dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu akan membuat sumber daya alam menjadi rusak dan menimbulkan kelangkaan terhadap kebutuhan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar