Close

Manfaat Cloud Storage yang Perlu Diketahui

Ingin menyimpan file, sekaligus membaginya dengan orang lain? Penyimpanan cloud memang merupakan layanan yang tepat. Dengan menyimpan data di ‘awan’ tidak ada risiko hilang, serta bisa memberikan tautan kepada orang lain untuk mengaksesnya.

Anda tidak hanya bisa menyimpan file berupa teks saja. Nyatanya, cloud storage juga memungkinkan untuk menyimpan gambar, suara, dan video. Jadi lebih leluasa berbagi data dalam berbagai format.

Manfaat Penyimpanan online

Ya, untuk bisa mengakses layanan tersebut, Anda harus terhubung dengan internet. Jika sudah online, akan dapat melakukan berbagai hal, terkait dengan penyimpanan, pengelolaan folder, hingga membagikan tautan sebuat data. Lantas, apa saja manfaat penyimpanan online ini?

1. Menghemat Kertas

Ya, terdengar sederhana, tetapi ternyata manfaat ini memiliki dampak besar, terutama dalam segi efisiensi dana dan kelestarian lingkungan. Dahulu, untuk mengelola suatu file bersama rekan kerja, Anda harus menyediakan beberapa lembar salinan, yang artinya boros kertas.

2. Dapat Mengakses File Di Mana Saja

Manfaat kedua berkaitan dengan efektivitas. Nyatanya, dengan menyimpan file penting di cloud, maka Anda bisa mengaksesnya di mana pun menggunakan berbagai perangkat.Jadi, sekalipun sedang terjebak macet, tetap bisa melanjutkan pekerjaan.

Saat ini ada banyak perusahaan yang menggunakan tenaga kerja remote. Adanya penyimpanan awan ini tentu akan memudahkan. Anda bisa membagikan file dengan mudah, serta mengelolanya bersama dengan worker yang lokasinya di luar negeri sekalipun.

Bayangkan, Anda bisa mengelola sebuah berkas bersama secara real time dengan rekan satu tim tempat berbeda. Tentu ini merupakan efisiensi dan efektivitas yang akan meningkat kinerja, sehingga berefek juga pada kemajuan perusahaan.

3. Penyimpanan Online Lebih Aman

Sebagaimana Anda pasti tahu, jika terjadi bencana seperti adanya banjir atau kebakaran hal yang paling merugikan adalah rusaknya berkas-berkas penting. Namun, kerugian tersebut masih bisa teratasi jika sudah menyimpannya di ‘awan’.

Hanya perlu mengakses menggunakan perangkat yang tersedia, Anda bisa kembali terhubung dengan berkas tersebut. Jadi pekerjaan pun tidak akan mengalami kendala berarti jika hal buruk terjadi.

4. Minim Risiko Hilang

Manfaat lainnya dari metode penyimpanan ini adalah minimnya risiko berkas hilang. Pasalnya penyimpanan dilakukan oleh pihak ketiga. Cukup dengan mengaksesnya menggunakan jaringan internet, File akan mudah Anda dapatkan.

Anda mungkin bingung ketika harus menentukan layanan penyimpanan terbaik sesuai dengan kebutuhan. Hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah fitur, kapasitas penyimpanan, serta kemudahan dalam operasionalnya.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan seberapa tinggi tingkat keamanannya. Contoh terbaiknya adalah https://cloudstorage.co.id/. Tidak hanya memberikan kemudahan dalam menyimpan dan berbagi berkas saja, tetapi juga menjaga keamanannya.

Cloudstorage memberikan tingkat keamanan melalui autentikasi biometrik. Dengan menggunakan ciri fisik unik dari pengguna, seperti sidik jari atau pemindahan wajah, maka data Anda akan tetap aman.

Jadi, tidak usah ragu lagi, amankan data penting, lembar kerja, hingga foto maupun video di penyimpanan cloud. Selanjutnya, tinggal menikmati kemudahan dalam mengaksesnya, atau membagikannya.

Tinggalkan komentar