Macam Macam Ragum dan Fungsinya

Dalam membantu pekerjaan seorang operator pemotongan baik itu untuk mesin bubut maupun Frais, diperlukan sebuah Ragum. Akan tetapi, dalam pengerjaannya yang sangat berbeda, membutuhkan macam-macam ragum yang bisa digunakan untuk menjepit benda kerja dengan kemampuan yang berbeda.

Tentunya dengan berbedanya macam atau jenis ragum yang dibutuhkan tersebut, memiliki tata caranya sendiri untuk digunakan.

Macam-macam Ragum yang Banyak Orang Gunakan untuk Berbagai Keperluan

Berbagai macam jenis ragum yang bisa digunakan oleh para operator mesin, pastinya memiliki alasan mengapa harus menggunakan jenis tersebut. Dengan berbagai macam kebutuhan dalam sebuah teknik pemotongan yang tepat, tentunya macam-macam ragum yang tersedia tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Bahkan dengan menggunakan ragum-ragum tersebut, seorang operator tidak perlu bersusah payah dalam menentukan sebuah sudut dari benda kerja yang akan dikerjakan . Berikut adalah berbagai macam jenis ragum yang umum orang gunakan dalam menyelesaikan pemotongan dengan mudah.

1. Ragum tangan

Hand Held Vice atau ragum tangan adalah sebuah alat pendukung yang banyak orang gunakan dalam setiap proses pemotongan sebuah benda kerja. Ragum ini memiliki kelebihan yang tidak bisa Anda rasakan pada ragum lainnya, yaitu kepraktisan untuk dibawa ke mana-mana.

Bentuk raum ini mirip dengan tang pada umumnya. Akan tetapi, kekuatan saat menjepit sebuah objek sangatlah kuat dibanding dengan tang. Selain untuk menjepit benda kerja saat ingin dilakukan pemotongan, ragum tangan juga sering digunakan dalam industri pembuatan kail pancing.

2. Ragum untuk logam

Metalworking Vice atau ragum untuk pengerjaan logam merupakan salah satu ragum untuk membantu dalam penjepitan material logam saat dilakukan pemotongan. Ragum ini memiliki tingkat cengkraman yang sangat kuat sehingga benda kerja tersebut berada di posisi yang paling stabil seperti yang diinginkan oleh para operator.

Didesain dengan kekuatan yang sangat kuat tersebut, ada kalanya ragum tersebut banyak digunakan untuk menjepit kayu dan juga plastik. Akan tetapi, jangan terlalu kuat saat menjepit material tersebut, sebab bisa menyebabkan kerusakan pada objek kerja.

3. Ragum untuk kayu

Woodworking Vice atau ragum kayu adalah jenis ragum yang banyak orang gunakan saat pembuatan meja atau pengerjaan kayu lainnya. Umumnya ragum in banyak terpasang di bagian bawah meja dan diikat secara permanen pada sebuah meja.

Memiliki permukaan rahang yang rata dan sangat lembut adalah cirinya. Dengan permukaan yang rata tersebut, pastinya benda kerja yang dijepit dengan alat tersebut tidak akan menimbulkan bekas saat dijepit.

4. Ragum mesin standar

Salah satu ragum yang banyak dipasang pada sebuah mesin Frais adalah ragum metal sederhana. Cara penggunaan yang cukup mudah menjadi salah satu kelebihannya. Selain itu, untuk memperoleh hasil yang diinginkan, seorang operator wajib memasang alat ini secara tepat.

5. Ragum putar

Ragum putar merupakan ragm yang juga banyak orang gunakan di berbagai industri dalam mempermudah pekerjaan operator mesin pemotong. Bahkan, ragum ini memiliki kelebihan yang sangat flexible dibanding dengan jenis lainnya.

Dengan kemampuan alas yang bisa diputar, sehingga mempermudah para penggunanya untuk menentukan sudut horizontal sebuah potongan benda kerja. Selain itu, terdapat jenis ragum putar yang bisa digunakan secara vertikal juga.

Itulah macam-macam ragum yang dapat dijumpai dan banyak orang gunakan dalam memotong sebuah benda kerja. Dengan menggunakan ragum-ragum tersebut, tentunya akan sangat membantu pekerjaan para operator dalam menggunakan mesin bubut maupun Frais. Pastinya tiap macam alat tersebut memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar