Keunikan Karimunjawa sebagai Pariwisata Jawa Tengah?

Karimunjawa merupakan kumpulan pulau yang menjadi sektor pariwisata terletak pada provinsi Jawa Tengah. Lalu apa saja keunikan Karimunjawa sebagian pariwisata Jawa Tengah? 

Terdapat banyak keunikan dari pulau Karimunjawa yang harus Anda ketahui. Simak penjelasan lebih lengkap berikut ini.

Mengenal Pulau Karimunjawa

Karimunjawa merupakan sebuah wilayah kepulauan yang terletak pada bagian Utara Pulau Jawa. Secara administratif, Karimunjawa masuk ke wilayah kabupaten Jepara dengan jarak kurang lebih 45 mil arah barat laut dari kota Jepara.

Kepulauan Karimunjawa mempunyai potensi dalam sektor pariwisata dan didukung dengan adanya Taman Nasional. Selain itu, pulau Karimunjawa terletak cukup strategis sehingga banyak wisatawan yang datang.

Keunikan dari Pulau Karimunjawa Sebagai Pariwisata Jawa Tengah

Banyak orang yang menyebut Karimunjawa sebagai Indonesia mini karena keberagaman penduduknya. Mulai dari penduduk suku Jawa, Bajo, Madura, Buton, Bugis dan beberapa suku Indonesia lain.

Selain keberagaman suku, Karimunjawa juga memiliki keunikan tersendiri yang menarik wisatawan untuk berkunjung.

  • Destinasi Wisata

Keunikan pertama dari Karimunjawa terletak pada destinasi wisata alam. Beberapa wisata alam tersebut antara lain Legon Lele, Bukit Love, Bukit Joko Tuo, Bukit Nyamplungan dan masih banyak lagi.

  • Pemasok Hasil Laut Terbesar¬†

Perlu Anda tahu jika Karimunjawa adalah pemasok hasil laut terbesar dalam Pulau Jawa. Sehingga Anda dapat menemukan berbagai macam kuliner seafood ketika berkunjung kesini.

Mulai dari olahan kerang laut, udang, lobster, kepiting, ikan dan berbagai hasil laut lain bisa Anda nikmati.

  • Terdapat Penduduk yang Beragam

Terdapat berbagai macam etnis yang menghuni pulau Karimunjawa mulai dari suku Jawa, Madura hingga Bugis Makassar. Masyarakat suku Jawa mayoritasnya tinggal pada Dukuh Karimun, Legon Lele, Mrican dan Dukuh Nyamplungan.

Masyarakat beretnis Bugis Makassar akan mendiami Dukuh Batu Lawang, Dukuh Tlogo, Dukuh Legon Gede serta Pulau Kamujan. Sedangkan wilayah sisanya kebanyakan suku Madura yang menghuni.

  • Wisata Religi

Selain memiliki berbagai wisata alam yang indah, Karimunjawa juga memilki wisata religi yang tidak kalah menarik. Wisata tersebut seperti Makam Sunan Nyamplungan, Makan Sayid Abdullah dan Makam Sayid Kambang.

  • Tersedia Berbagai Macam Kegiatan Pariwisata

Terdapat keunikan lain dari wisata Karimunjawa yaitu tersedia berbagai macam kegiatan pariwisata.

Anda bisa menikmati kegiatan snorkeling dengan pemandangan terumbu karang dan biota laut yang indah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kegiatan tracking mangrove, diving dan tracking bukit.

Siap Berwisata Ke Karimunjawa?

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah siap pergi berwisata ke Karimunjawa dan menikmati keindahan yang tersaji?

Sebelum pergi berwisata, Anda harus mengecek informasi lain tentang Karimunjawa melalui website Thekarimun.com. The Karimun Journey adalah biro wisata lokal asli yang berasal dari Karimunjawa dengan paket wisata yang bervariatif.

Pastikan juga tubuh Anda tetap dalam keadaan fit agar nanti puas menikmati keindahan Karimunjawa. Apabila Anda merasa kurang fit sebaiknya lakukan pijat menggunakan jasa go massage untuk membuat Anda kembali fit seperti semula.

Tinggalkan komentar