Close

Ingin Meningkatkan Persentase CTR? Yuk Gunakan Jasa optimasi.ai!

CTR adalah sebuah rasio yang menentukan jumlah klik suatu link, sehingga Anda bisa mengetahui berapa kali orang melihat konten di website yang Anda miliki. Di dunia digital marketing sendiri, CTR merupakan suatu metrik yang sangat penting. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai CTR, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menghitung CTR

Seperti yang sudah diketahui bahwa CTR merupakan jumlah klik pada suatu link sebuah konten, yang mana, hal ini sangat bermanfaat dalam dunia digital marketing. Cara menghitungnya sendiri pun bisa menggunakan rumus berikut, (Total klik iklan : Total impressions) x 100 = CTR. Cara menghitungnya pun cukup mudah, sebagaimana contoh di bawah ini.

Jika ada 500 orang melihat iklan yang Anda tayangkan. Kemudian sekitar 50 orang meng-klik iklan tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk yang di iklankan. Maka, Anda bisa mengetahui persentase CTR iklan menggunakan rumus yang sudah dituliskan di atas, yaitu,

(Total klik ikan : total impression) x 100 = CTR

(50 : 500) x 100 = 10%

Dari perhitungan di atas, Anda bisa melihat bahwa persentase CTR iklan yang ada di website Anda ialah 10%. Namun, perlu Anda ketahui bahwa CTR rendah bisa mengindikasi tentang iklan yang dibuat kurang pantas untuk audiens. Sedangkan nilai CTR tinggi bisa menunjukkan bahwa iklan sangat relevan untuk audiens.

Lalu apa fungsinya angka CTR? Angka CTR bisa dijadikan evaluasi supaya Anda bisa membuat iklan yang lebih menarik. Dengan begitu, iklan Anda bisa menarik perhatian audiens, sehingga audiens akan melakukan beberapa hal berikut;

  • Membeli produk iklan
  • Mengisi formulir kontrak
  • Men-download lembar spesifikasi
  • Mengisi survei
  • Lain sebagainya

3 Cara Meningkatkan CTR

Setelah mengetahui mengenai cara perhitungan CTR, Anda juga perlu mengetahui cara meningkatkan persentase CTR. Di mana, untuk meningkatkan persentase CTR harus memenuhi trik & tips yang dijelaskan di bawah ini.

1. Memahami Audiens

Sebelum membuat konten sebaiknya Anda melakukan riset keyword terlebih dahulu. Sebab, jika Anda tidak melakukan riset terlebih dahulu, maka bisa jadi tidak akan ada yang melihat konten Anda. Misalnya, Anda membuat konten tentang, “Cara Memasak Nasi Goreng”, tetapi tidak ada yang mencari kata kunci tersebut.

Jika sudah seperti itu, haruskah Anda menulis konten dengan keyword tersebut? Jika Anda menginginkan organic CTR yang tinggi, cara yang tepat ialah menulis topik lainnya yang paling banyak dicari. Selain itu, akibat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika tidak melakukan riset keyword ialah apa yang Anda tulis tidak sesuai dengan search intent.

Misalnya, Anda menggunakan keyword tentang “Alat Musik Keyboard”. Maka, Google tidak akan memunculkan konten Anda, jika pengguna hanya menulis “Keyboard” saat melakukan pencarian. Hal ini disebabkan, mayoritas pengguna Google lebih banyak mencari “Keyboard untuk Komputer” daripada “Alat Musik Keyboard”.

2. Mengoptimalkan Konten

Cara kedua untuk meningkatkan nilai CTR Anda ialah mengoptimalkan konten supaya lebih bagus serta lebih berguna untuk audiens. Hal ini merupakan cara yang jujur dilakukan, sebab dengan begitu Anda menunjukkan bahwa situs yang Anda miliki merupakan sumber informasi. Di mana, hal tersebut dibuktikan dengan konten yang unik dan original.

Dengan meningkatkan persentase CTR, akan menjadikan situs Anda lebih relevan di mesin pencari. Sehingga situs Anda bisa mendapatkan peringkat tinggi di SERP. Namun, jangan pernah Anda mencoba untuk mengelabui algoritma search engine. Sebab, tidak semua metode yang digunakan untuk mengelabui algoritma search engine bisa berhasil.

3. Menambahkan CTA

CTA atau yang dikenal dengan Call to Action merupakan salah satu hal penting untuk memaksimalkan CTR iklan. Tidak hanya itu saja, CTA juga akan membantu Anda untuk mendorong rasa penasaran audiens terhadap iklan di situs Anda. Sehingga, banyak audiens yang meng-klik iklan tersebut.

Demikianlah informasi mengenai CTR mulai dari perhitungan hingga cara meningkatkan persentase CTR. Nah, bagi Anda yang masih ragu untuk meningkatkan persentase CTR dengan usaha sendiri, silakan untuk mencoba bantuan dari optimasi.ai. Di mana, optimasi.ai akan membantu Anda dalam membuat konten yang sesuai dengan SEO.

Tinggalkan komentar