Efek Samping Minum Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak Zaitun Extra Virgin termasuk minyak zaitun terbaik yang berasal dari buah zaitun perasan yang pertama. Bila dibandingkan dengan minyak zaitun biasa, minyak zaitun extra virgin ini memiliki radikal bebas dan kandungan kimia yang lebih rendah daripada minyak zaitun biasa.

Selain itu, minyak zaitun extra virgin ini memiliki vitamin E dan K yang komplit, sementara pada minyak zaitun biasa kandungan vitamin itu akun terbuang pada saat proses pemanasan. Minyak ini juga memiliki antioksidan lebih tinggi dibanding minyak zaitun biasa.

Jadi secara garis besar, minyak zaitun extra virgin ini lebih baik bila dibandingkan dengan minyak zaitun biasa. Tetapi tetap, dalam penggunaannya harus diperhatikan takaran dan cara menggunakannya, agar tidak menimbulkan resiko yang tidak diinginkan.

Apa Itu Minyak Zaitun Extra Virgin

  • Kandungan Minyak Zaitun Extra Virgin : antioksidan yang tinggi, lemak tak jenuh, lemak jenuh, vitamin K, kalori dan vitamin E.
  • Golongan : Makanan, minuman
  • Manfaat Minyak Zaitun : mampu menurunkan resiko penyakit kanker, membantu dalam mengatasi peradangan, sangat berguna bagi penderita penyakit Alzhaimer, mengatur kadar gula dalam darah
  • Digunakan oleh : semua umur kecuali balita
  • Kategori N : Belum dikategorikan
  • Kategori kehamilan dan menyusui : wanita hamil dan menyusui dianjurkan mengkonsumsi minyak zaitun ini karena dipercaya bisa mencegah infeksi pada saat kehamilan dan memperkuat imun tubuh. Tapi alangkah baiknya didiskusikan dulu dengan dokter mengenai resiko dan manfaatnya.
  • Bentuk : cair

Dosis dan Aturan Pakai

Disarankan mengkonsumsi 22 ml Minyak Zaitun Extra Virgin atau setara dengan 1 sendok makan. Bisa juga 2 sendok makan sehari, asal jangan berlebihan.

Editor terkait:

Cara Konsumsi Minyak Zaitun Extra Virgin yang Benar

Minyak Zaitun Extra Virgin bisa diminum langsung setiap hari agar kandungan dan manfaat dari minyak bisa diterima oleh tubuh secara utuh. Bisa juga ditambahkan atau diolah dengan berbagai macam makanan dan minuman.

Peringatan dan Kontradiksi Minyak Zaitun

  • Jangan memanaskan minyak ini secara berlebihan, karena akan menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.
  • Jika ingin menggoreng dengan minyak ini, jangan dengan suhu tinggi, karena Minyak Zaitun Extra Virgin ini mempunyai titik didih lebih rendah, sehingga mudah berasap dan terbakar.
    Jangan disimpan terlalu lama, karena nutrisinya akan rusak dan menimbulkan bau tengik.
  • Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan interaksi antara Minyak Zaitun Extra Virgin dengan makanan atau minuman. Jadi minyak ini bisa digabungkan dengan makanan atau minuman lain.

Efek Samping dan Bahaya Minyak Zaitun Extra Virgin

Banyak penelitian menjelaskan, bahwa efek samping minum Minyak Zaitun Extra Virgin ini bisa menyebabkan meningkatnya berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu bisa juga menyebabkan kelebihan kalori sebab kalori yang terkandung dalam minyak ini cukup banyak. Sehingga Minyak Zaitun Extra Virgin ini aman dikonsumsi jika takarannya sesuai dengan yang dianjurkan, tidak berlebihan.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Efek Samping atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar