Efek Samping Micin

Mononatrium glutamat atau micin merupakan sejenis garam yang sering digunakan untuk penyedap rasa. Micin berbentuk seperti kristal putih yang mirip garam atau gula, namun memiliki rasa umami.

Rasa umami sendiri adalah rasa kelima dari rasa manis, asin, pahit, dan asam. Dengan rasa umami tersebut membuat micin bisa memberikan rasa yang berbeda kepada masakan anda.

Namun perlu diperhatikan takarannya, karena jika terlalu banyak mengkonsumsi micin juga tidak baik untuk tubuh manusia. Sebelum membahas lebih jauh tentang efek samping micin, mari kita mengenal terlebih dahulu sedikit tentang micin.

Apa Itu Micin?

  • Kandungan micin : Natrium Benzoat 12%, Air 10%, dan Asam Glutamat 78%.
  • Golongan : Mononatrium glutamat
  • Kategori : Penyedap Rasa Masakan
  • Manfaat Micin : Sebagai Penyedap Rasa Masakan, Merangsang air liur, Meningkatkan produksi cairan lambung
  • Digunakan Oleh : Anak-anak dan orang dewasa
  • Kategori ibu hamil atau ibu menyusui : Baik ibu hamil atau ibu menyusui aman untuk mengkonsumsi micin (MSG), namun harus sesuai takaran.
  • Bentuk Micin : Kristal putih mirip gula atau garam

Editor terkait:

Dosis dan Aturan Mengkonsumsi Micin

Untuk penggunaan beberapa penyedap rasa seperti merica, garam atau bahkan Mononatrium glutamat (micin) bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Namun untuk perharinya cukup mengkonsumsi micin sebanyak 1,7 gram saja.

Cara Mengkonsumsi Micin yang Baik dan Benar

Untuk cara mengkonsumsi micin atau Mononatrium glutamat yang baik dan benar adalah dengan menambahkannya ke dalam masakan berkuah atau berair. Hal ini agar micin bisa diserap oleh air dan rasanya bisa menyatu dengan masakan tersebut.

Selain agar micin bisa dengan mudah menyatu dengan masakan, penggunaan air juga bisa membuat butiran micin yang berbentuk kristal bisa dengan mudah melebur. Namun, jangan pernah mengkonsumsi micin dengan cara memakannya langsung tanpa dicampurkan dengan masakan.

Editor terkait:

Beberapa Peringatan Tentang Micin

Ada beberapa orang yang sering menjadikan micin sebagai penyedap rasa pengganti garam atau gula ketika mereka sedang mengkonsumsi buah-buahan seperti mangga. Hal ini sangatlah berbahaya karena takaran micin bisa saja sudah melebihi batas dan kurang bagus untuk tubuh.

Memang untuk sesaat akan terasa begitu nikmat apalagi ketika micin tersebut dijadikan sebagai colekan untuk buah mangga yang dimakan. Namun sadarkah anda bahwa hal tersebut bisa menyebabkan beberapa efek samping yang kurang bagus untuk tubuh di kemudian hari.

Efek Samping Dari Mengkonsumsi Micin Berlebihan

Ada beberapa efek samping micin ketika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi penyedap rasa yang memiliki nama ilmiah Mononatrium glutamat ini. Dimulai dari yang paling umum adalah pusing, sakit kepala, tubuh lemas, nyeri pada dada, kulit memerah, detang jantung terlalu cepat, hingga mati
rasa pada beberapa bagian tubuh.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Efek Samping atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar