Efek Samping Makan Mie Instan Setiap Hari

Mie instan adalah satu dari banyaknya makanan yang disukai oleh kebanyakan orang karena rasanya nikmat. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa yang menjadi penggemar makanan tersebut.

Makanan itu sudah sangat populer tidak hanya di Indonesia saja, melainkan di berbagai belahan dunia. Mie instan sering dijadikan sebagai alternatif masakan untuk menggantikan nasi.

Akan tetapi, dibalik kenikmatan rasanya ternyata mie instan tidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan. Jadi, jangan terlena dengan kelezatan rasanya tanpa memperhatikan dampak bagi kesehatan.

Kandungan di Dalam Mie Instan

Mie instan sendiri memiliki sedikit kandungan nutrisi, akan tetapi kandungan sodium yang dimiliki tergolong tinggi. Makanan ini dibuat dari tepung, minyak, dan garam yang mempunyai bumbu atau penyedap rasa seperti MSG (Monosium Glutamat).

Pada dasarnya, mengonsumsi MSG secara berlebih memang akan membuat kondisi kesehatan menjadi buruk. Selain itu, untuk kandungan protein dan serat di mie instan pun juga cukup rendah.

Sementara, kandungan natrium, karbohidrat, dan lemak di dalamnya tinggi sekali. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa nutrisinya tidak seimbang.

Editor terkait:

Batas Ideal Mengonsumsi Mie Instan

Menurut ahli diet Mount Elizabeth Hospital bernama Seow Vi Vien, mengatakan bahwa batas aman mengonsumsi mie instan dalam satu minggu yaitu satu hingga dua kali. Hal itu juga senada dengan perkataan seorang professor nutrisi dan epidemiologi bernama Dr. Frank B. Hu.

Jika terdapat orang yang hanya mengonsumsi mie instan saja setiap harinya, maka seiring berjalannya waktu ia akan mengalami kekurangan gizi. Hal itu karena mereka tidak memperoleh jumlah nutrisi yang sangat dibutuhkan seperti mineral, vitamin, dan protein untuk mendukung kesehatan.

Cara Mengolah Mie Instan Supaya Lebih Sehat dan Bergizi

  • Tambahkan sayuran segar seperti jamur, wortel, sawi hijau, dan timun. Untuk satu bungkus mie instan setidaknya perlu sebanyak 100 gram sayuran.
  • Tambahkan sumber protein seperti ikan, bakso, telur, dan ayam.
  • Buat bumbu sendiri dengan tidak menggunakan MSG yang terlalu banyak.
  • Jangan mengonsumsi air sisa rebusan mie instan.

Editor terkait:

Peringatan

Tidak perlu mengonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi. Pada 100 gram nasi putih, ada sekitar 152 kalori.

Dalam satu bungkus mie instan mempunyai kandungan kalori kisaran 350. Apabila mie instan dimakan bersama dengan nasi putih, maka tubuh akan mendapatkan asupan kalori sampai lebih dari 500.

Berarti tubuh akan menyimpan kandungan kalori yang terbilang berlebihan tersebut sebagai lemak. Nantinya, lemak tersebut akan menyebabkan tubuh mengalami kelebihan berat badan atau obesitas secara perlahan.

Efek Samping

Ada beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat efek samping makan mie instan secara berlebihan. Antara lain seperti kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, dan gangguan ginjal.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Efek Samping atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar